Studi Ekskursi 2023

Published by Himasta FMIPA UGM on

SE atau Studi Ekskursi merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA UGM khususnya dari Divisi Hubungan antar Lembaga (Halma) yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa statistika mengenai dunia kerja sehingga dapat menghasilkan lulusan statistika yang siap untuk menghadapi era globalisasi. Pada kesempatan tahun ini, dengan mengangkat tema: “Seaworld: See Statistics in the Outstanding World”, SE dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2023 sampai dengan 9 Agustus 2023 dengan destinasi utama yaitu PT Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) dan PT Axa Insurance Indonesia yang ada di Jakarta. Pada tahun ini, studi ekskursi membawa kurang lebih sebanyak 30 peserta mahasiswa aktif program studi Statistika.

Rombongan berangkat bersama memulai perjalanan dari FMIPA UGM pada tanggal 6 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB menuju Kota Jakarta. Pukul 8.00 WIB pada tanggal 7 Agustus 2023, rombongan studi ekskursi tiba di tujuan kunjungan pertama, yaitu PT Penilai Harga Efek Indonesia. Pada kesempatan ini, kami diajak berkeliling ke museum PT PHEI dan juga dijelaskan berbagai macam materi mengenai peran Statistika dalam perusahaan, terutama dalam bidang keuangan. Selain itu, kami juga bertegur sapa dengan para alumni Statistika UGM yang saat ini melanjutkan karirnya di perusahaan PT PHEI.  Lalu, setelah mengakhiri kunjungan di PT Penilai Harga Efek Indonesia, kami melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya, yaitu PT AXA Insurance Indonesia. Pada kunjungan kedua ini, kami juga mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai dunia asuransi, aktuaria, dan data science untuk memecahkan masalah masalah keuangan. Kami juga diberikan kesempatan untuk bertemu langsung dan disambut oleh direktur utama PT AXA Insurance Indonesia, Bapak Laurent Bourson.

Setelah melakukan kedua kunjungan utama pada studi ekskursi, kami berpindah ke Bandung untuk istirahat dan pergi ke berbagai tempat wisata. Kami bermalam di Hotel Alam Permai selama satu malam dan dilanjutkan dengan berwisata di daerah Lembang dan di sekitar Kota Bandung. Lalu, pada pukul 19.00 WIB para rombongan berkumpul kembali untuk melakukan perjalanan pulang ke Kota Yogyakarta yang berarti menjadi akhir dari perjalanan kami dalam kegiatan Studi Ekskursi 2023 yang berjalan dengan lancar. Anggota Divisi Halma selaku panitia dan penanggung jawab dari kegiatan program kerja ini berharap semoga Studi Ekskursi dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat yang besar kepada seluruh mahasiswa di program studi Statistika untuk menyiapkan diri ke dunia kerja.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.