Pekan Statistika 2018

Published by arif.s on

Pada tahun 2018, pihak Prodi Statistika FMIPA UGM menerima kurang lebih 60 mahasiswa baru. Mahasiswa tersebut akan mengalami masa transisi dari lingkungan sekolah (SMA) menuju dunia perkuliahan. Seorang siswa diharapkan mampu dan siap untuk beradaptasi dengan perbedaan kultur, pola hidup, serta tugas dan kewajiban baru seiring dengan perubahan statusnya menjadi mahasiswa. Dengan demikian, diperlukan sebuah sarana bagi mahasiwa baru untuk dapat berinteraksi satu sama lain dalam rangka mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan serta kegiatan yang memfasilitasi penanaman nilai dan pengenalan bidang akademis sehingga mahasiswa baru tersebut siap memasuki perkuliahan di Prodi Statistika FMIPA UGM.

Sebagai sebuah himpunan mahasiswa yang memfasilitasi kegiatan serta aspirasi mahasiswa statistika, maka Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) menginisiasi kegiatan Pekan Statistika (PESTA) 2018. Pekan Statistika atau yang sering disebut dengan PESTA tersebut berfungsi untuk memfasilitasi mahasiswa baru dalam beradaptasi dan mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi dunia perkuliahan yang baru. Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa baru Prodi Statistika FMIPA UGM akan mendapatkan pembekalan mengenai seluk beluk statistika dan kehidupan sebagai mahasiswa Statistika UGM. Selain itu, diharapkan mahasiswa Statistika UGM khususnya mahasiswa baru angkatan 2018 mampu mengenal dan memahami berbagai peranan statistika baik dalam kehidupan nyata maupun dunia kerja serta lebih optimis dalam mempelajari ilmu statistika.

PESTA 2018 diselenggarakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM dan terbagi menjadi 3 acara yaitu First Gathering, Studium Generale serta Starship (Statistician in Relationship) dengan tema umum yaitu “Statistics, your new love, home and hope”.

First Gathering Pesta 2018 dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 di FMIPA UGM dan dihadiri oleh mahasiswa statistika UGM 2018. Pada First Gathering Pesta 2018 kali ini berisi tentang perkenalan dunia perkuliahan kepada mahasiswa baru yang diisi dengan games dan materi mengenai kuliah dan organisasi.

Stadium Generale diadakan pada tanggal diadakan pada tanggal 26 Agustus 2018 dengan mengusung tema “Know Your Future In Statistics”. Acara ini diadakan di Ruang Sidang 1 Lantai 3 Gedung Departemen Matematika FMIPA UGM, dan berisi acara Materi Alumni, Materi PKM dan juga Sesi Himasta.

Pada Materi Alumni diisi oleh Alumni dari Statistika angkatan 2008 yaitu Muhammad Aji Ikhsanto, S.Si . yang  membawakan materi tentang prospek kerja untuk lulusan prodi statistika. Dilanjutkan dengan sesi selanjutnya yang diisi oleh Untung Adi Santoso selaku Ketua KOMAPRES yang membahas tentang bagaimana proses pengajuan PKM dan sharing pengalaman dalam membuatnya. Lalu sebagai penutup yaitu sesi Himasta yang diisi oleh Pengurus Inti, setiap koordinator dan rekan kerja masing-masing biro, sub-biro dan divisi Himpunan Mahasiswa Statistika untuk  memperkenalkan tentang biro, sub-biro, dan divisi di Himpunan Mahasiswa Statistika serta program – program kerjanya.

Lalu acara puncak dari PESTA 2018 adalah Starship (Statistician in Relationship) yang dilaksanakan pada sekitaran lingkungan FMIPA UGM pada tanggal 14 Oktober 2018. Starship diisi dengan Materi oleh ketua Himasta 2017 yaitu Muhammad Rizky Mangkuwidjaya dan dilanjut dengan tracking games ke tiap – tiap pos dan yang terakhir ditutup dengan pentas seni dari mahasiswa statistika UGM 2018 dan juga panitia Pesta 2018.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.