Pekan Statistika 2016

Published by Himasta FMIPA UGM on

Pekan Statistika 2016 atau yang akrab disebut Pesta 2016 adalah salah satu rangkaian kegiatan yang diusung oleh HIMASTA UGM yang khusus dibuat untuk menyambut adik-adik gamada statistika, dimana pada tahun ini gamada statistika 2016 berpartisipasi menjadi peserta Pesta 2016. Dengan mengangkat tema “Rhythm of Love & Togetherness in Statistics “, Pesta 2016 hendak menciptakan suasana keakraban dan kebersamaan, serta pembelajaran bagi adik-adik gamada untuk beradaptasi di dunia perkuliahan, khususnya dalam lingkup statistika. Pesta 2016 terdiri dari dua rangkaian kegiatan, yaitu Studium Generale Pesta pada tanggal 21 Agustus dan Rekreasi Keluarga Statistisi (REGRESI) Pesta pada tanggal 2-4 September.

Studium Generale Pesta 2016 atau yang mudahnya disebut SG Pesta ini diselenggarakan pada hari Minggu, 21 Agustus 2016. Bertempatkan di Ruang Sidang lantai 3 Gedung Matematika FMIPA UGM, SG Pesta mengangkat tema “SIGMA (Statistics Is Gorgeous, Marvelous, and Awesome)”. Kegiatan ini berupa seminar/kuliah umum yang membahas tentang dunia perkuliahan program studi statistika, aplikasi dan manfaat statistika dalam kehidupan nyata, serta prospek kerja Statistika di masa depan. SG Pesta menghadirkan dua pembicara yakni dari perwakilan mahasiswa dan alumni prodi statistika. Kami menghadirkan Kak Anang Maulana (Statistika 2013) sebagai pembicara sesi mahasiswa yang membahas tentang bagaimana cara beradaptasi menghadapi dunia perkuliahan yang jauh berbeda dengan bangku sekolah dan juga dalam beradaptasi di kota Jogja yang akan mereka singgahi sampai mereka lulus dari statistika UGM. Melalui materi ini, Kak Anang mengajak adik-adik gamada statistika 2016 untuk mengenal lebih jauh tentang seluk-beluk perkuliahan di statistika dan berbagi tips untuk menjadi mahasiswa sukses. Lanjut ke sesi alumni yang dibawakan oleh kak Ruske Illa Kengken, S.Si (Statistika 2010). Diawali dengan analisis tentang TV series “Game of Thrones”, Kak Kengken berhasil membuat adik-adik semakin antusias dengan dunia statistika karena penerapannya yang sangat luas, baik di dunia kerja maupun dalam hal lain karena di era yang canggih ini semua menggunakan statistika, seperti dalam analisis trend dan juga dalam memberikan rekomendasi saat kita melakukan pencarian online. Kak Kengken juga memotivasi adik-adik untuk senantiasa mengupgrade keilmuannya di luar perkuliahan karena ilmu statistik yang diimplementasikan saat ini sudah jauh berkembang dari apa yang disampaikan oleh dosen semasa kuliah. Acara semakin meriah dengan penampilan dari Softic (paduan suara statistika) dan akustik oleh Stokastik.img_0332

Rangkaian kegiatan Pesta selanjutnya sekaligus inti dari semua ini adalah Rekreasi Keluarga Statistisi (REGRESI) Pesta yang diselenggarakan pada tanggal 2-4 September. Tahun ini Regresi Pesta mengangkat tema “Write A Beautiful Memory and Enjoy Every Moments in Statistics”. Adik-adik gamada statistika 2016 berangkat menuju lokasi Regresi di Dusun Kabregan, Piyungan, Bantul seusai sholat Jumat dengan berbekal semangat kebersamaan. Tawa dan canda sudah terlihat ketika kegiatan dibuka dengan sambutan serta perkenalan yel-yel dan kakak pemandu yang kece abis. Materi seputar manajemen diri dan solidaritas angkatan tak lupa diberikan pada kegiatan ini. semakin malam acara semakin menarik dengan adanya games outbond malam. Hari kedua diisi dengan tracking menyusuri Dusun Kabregan dengan berbagai pos berisikan permainan yang variatif untuk menguji kekompakan dan kerjasama tim. Medan yang ditempuh serta pemandangan yang disuguhkan saat tracking semakin menabah seru kegiatan yang satu ini. Setelah itu kami menghabiskan malam bersama-sama dengan menggelar pentas seni yang disaksikan oleh kakak-kakak statistika dari berbagai angkatan. Pensi yang ditampilkan oleh adik-adik gamada statistika 2016 sangat beragam, ada kabaret, dance cover, drama komedi, perkusi, tari tradisional, bahkan acapella. Pensi ditutup dengan persembahan panitia yang gak kalah menarik. Kami semua menyatu  bersama hangatnya api unggun. Hari terakhir diisi dengan game panitia versus peserta dan sesi perkenalan yang diantaranya memperkenalkan IHMSI, HIMASTA, dan juga panitia Pesta 2016. Setelah itu kami semua bersama-sama menyantap nasi tumpeng yang telah disajikan. Kegiatan ditutup dengan upacara pelantikan ketua angkatan 2016 dan bakti sosial kepada warga sekitar dusun Kabregan. Tak lupa ada sesi awarding untuk mengapresiasi adik-adik gamada statistika 2016 selama mengikuti rangkaian kegiatan Regresi dengan berbagai macam nominasi dan juga pemutaran video dari adik-adik yang mengundang gelak tawa dan melarutkan kami dalam kebersamaan. Tak terasa 2 unit bus sudah siap untuk menjemput adik-adik gamada statistika 2016, tanda kegiatan ini telah berakhir.

Dengan diadakannya kegiatan Pesta ini diharapkan adik-adik gamada statistika 2016 semakin mantap dalam menjalani perkuliahan di Statistika UGM dan pastinya semakin solid dalam menjaga kebersamaan angkatan 2016. Semangat terus dan sukses selalu untuk adik-adik semua. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dan membantu sehingga kegiatan Pesta 2016 ini dapat berjalan dengan lancar. Sampai jumpa di Pesta 2017 !

Pesta 2016, Unity in One Family

Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.