Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA) #9

Published by Himasta FMIPA UGM on

Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA) #9 merupakan salah satu program kerja dari HIMASTA UGM yang bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana cemerlangnya program studi statistika kepada siswa SMA kedepannya dan mencari bibit-bibit statistisi berbakat di kalangan siswa SMA. ANAVA #9 memiliki tiga rangkaian acara, yaitu OLIMPIMPIADE STATISTIKA MATEMATIKA 2015 (OSM 2015), SEMINAR PENGENALAN STATISTIKA UNTUK UMUM (PLANETARIUM), dan TRY OUT SBMPTN 2015.

OLIMPIMPIADE STATISTIKA MATEMATIKA 2015 (OSM 2015)

IMG_6840

Olimpiade Statistika Matematika (OSM) ANAVA#9

Olimpiade Statistika Matematika 2015 (OSM 2015) merupakan media yang kami rancang sedemikian rupa untuk menjaring siswa/siswi SMA dengan bakat pada bidang statistika dan matematika di seluruh penjuru Pulau Jawa-Sumatra. Pada kesempatan kali ini Olimpiade Statistika Matematika 2015 mengambil tema “ Let’s See how Fantastic You are “. OSM 2015 dibagi menjadi tiga tahap yaitu babak penyisihan, semifinal dan final, masing-masing babak memiliki sistematika yang berbeda. Untuk babak penyisihan akan dilakukan serentak  di seluruh pulau Jawa secara online pada tanggal 11 Januari 2015, untuk babak semifinal pada tanggal 18 Januari 2015 akan berlangsung di Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada Sekip Utara. Masih dihari yang sama akan di gelar babak final, dimana para finalis diharuskan membuat persentasi berdasar permasalahan yang diberikan. Olimpiade Statistika Matematika 2015 memperebutkan Piala Rektor Universitas Gadjah Mada serta uang pembinaan untuk juara pertama,   Piala Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam beserta uang pembinaan untuk peringkat kedua, dan Piala Himpunan Mahasiswa Statistika beserta uang pembinaan untuk tempat ketiga. Pada akhir babak penyisihan dari 110 peserta, tersaringlah 20 peserta yang akan mengikuti babak semifinal.

IMG_7243

IMG_3118

Suasana Babak Semifinal dan Final

Semifinal dan Final Olimpiade Statistika Matematika pada Minggu, 18 Januari 2015 bertempat Kampus MIPA Utara. Mulai pukul 07.00 peserta OSM berdatangan. Lanjut ke rangkaian acara selanjutnya yaitu pengerjaan OSM di ruang K1. Setelah pengerjaan selesai  para peserta final mempresentasikan hasil pengerjaannya di ruang A1.06 dihadapan tiga juri yang berasal dari dosen prodi statistika. Setelah presentasi dilanjutkan dengan pengumuman pemenang, di mana Juara 1 diraih oleh M. Mulki Abdul Aziz dari SMAN 3 Bandung, Juara 2 diraih oleh Hartoyo dari SMAN 1 Cilacap, dan Juara 3 diraih oleh Muhammad Iqbal Ramadhan Putra dari SMAN 1 Sungai Penuh.

IMG_3201

Juara0-Juara Olimpiade Statistika Matematika 2015 ANAVA#9

SEMINAR PENGENALAN STATISTIKA UNTUK UMUM (PLANETARIUM)

Di hari yang sama pelaksanaan Semifinal dan Final OSM 2015, diadakanlah Seminar Planetarium yang merupakan kegiatan inti dari rangkaian acara Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika, seminar ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai seluk beluk ilmu statistika. Seminar ini dibuka secara gratis untuk memunculkan daya tarik kepada siswa-siswi SMA untuk berkecimpung dalam dunia statistika. Seminar kali ini menghadirkan dua pembicara yang ahli pada bidangnya, pertama adalah Bapak Sumardjono, M.Sc, beliau merupakan Direktur Statistik dan Informasi IKNB, Otoritas Jasa Keuangan serta Dr. Gunardi, M.Si beliau selaku dosen program studi statistika Universitas Gadjah Mada. Seminar Planetarium kali ini mengangkat tema “Let’s Statistics Be The Apple Of Your Eye”, dengan di adakannya seminar ini diharap para siswa/siswi SMA dapat mengetahui memukaunya prospek dari statistika, acara ini akan digelar pada tanggal 18 Januari 2015, di Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekip Utara Universitas Gadjah Mada.

IMG_7094

Salah satu Peserta sedang bertanya kepada pembicara

Acara seminar kali ini dihadiri lebih dari 100 siswa/siswi SMA se-DIY, jumlah ini melebihi banyaknya peserta seminar pada tahun lalu. Acara seminar ini dimulai pukul 09.30 sampai pukul 12.00. Para peserta sangat antusias memperhatikan materi yang diberikan kedua pembicara. Pada sesi pertama dengan pembicara Bapak Dr.Gunardi, M.Si memaparkan tentang ilmu statistika, jurusan statistika khususnya statistika di UGM, peranannya dalam kehidupan, dan prospek masa depan dari lulusannya Untuk sesi kedua Bapak Sumardjono, M.Sc yang merupakan Direktur Statistik dan Informasi IKNB Otoritas Jasa Keuangan memberikan materi penerapan ilmu statistika dalam industri keuangan di Indonesia, materi inipun mendapat respon positif para audiens. Materi yang disampaikan Bapak Sumardjono ini pun menjadi penutup seminar PLANETARIUM siang hari itu.

IMG_7044

Bapak Sumardjono, M.Sc, Direktur Statistik dan Informasi IKNB Otoritas Jasa Keuangan, sedang menyampaikan materi

TRY OUT SBMPTN 2015

IMG_7703

Try Out SBMPTN 2015 ANAVA#9

Try Out SBMPTN 2015 diadakan untuk memfasilitasi adik-adik SMA yang ingin mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2015, dengan mengambil tema The Best Preparation For The Best University kami harap try out ini dapat menjadi sebuah jembatan adik-adik untuk mencapai universitas terbaik yang diinginkan. Agar manambah motivasi para peserta Try Out SBMPTN 2015 ini kami menyiapkan satu buah TABLET PC masing-masing  untuk peringkat pertama Try Out IPA dan IPS. Acara Try Out SBMPTN 2015 kali ini akan di selenggarakan pada tanggal 25 Januari 2015, dan bertempat di gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekip Selatan dan Gedung D3 Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

IMG_7699
IMG_0848

IMG_7745
Suasana pengerjaan, museum, dan istirahat pada Try Out SBMPTN 2015 ANAVA#9

Try Out SBMPTN  kali ini memakai 2 gedung yaitu gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekip Selatan untuk Try Out IPA, dan Gedung D3 Teknik Mesin dan Teknik Elektro untuk Try Out IPS. Sebanyak 2200 peserta hadir dari berbagai kota, namun masih tetap didominasi peserta asal D.I.Y dan JATENG. Registrasi dimulai pukul 06.30 hingga pukul 07.30, dan Try Out berjalan sebanyak dua sesi, dimana sesi pertama untuk mengerjakan soal TPA dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00 dan sesi kedua mengerjakan soal Tes Kemampuan Sains/Sosial mulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 12.30. Disela-sela jam istirahat para peserta jajan di stand-stand yang sudah disiapkan oleh panitia di depan halaman gedung. Usai mengerjakan semua soal para peserta langsung mendapatkan makan siang dari panitia. Hasil TO pun langsung dapat dilihat tidak lama setelah pengerjaan soal usai. Pada TO kali ini Cahyo W dari SMAN 1 Surakarta (IPA) dan Hadafi Farisa R. dari SMAN 1 Wonosari (IPS) meraih predikat sebagai peserta yang meraih skor tertinggi dan berhak mendapat hadiah masing-masing satu buah tablet dari panitia.

final

Panitia Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA) #9
Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.