One Day With Statistics 2015 “Saatnya Statistika Mengabdi”

Published by Himasta FMIPA UGM on

           Dalam rangka “menyelamatkan” masyarakat yang terbelenggu dengan pengolahan data statistika baik dalam skripsinya, tesis, maupun disertasi atau bahkan penelitian tugas kuliah, Sub-biro EXOTIC berinisiatif mengadakan pelatihan olah data statistika, yaitu One Day with Statistics (ODISTICS). Pelatihan yang dilaksanakan pada 30 Mei 2015 dan 6 Juni 2015 in imemang sengaja dilaksanakan demi membantu masyarakat yang kebingungan akan pengolahan data statistika.

            ODISTICS dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 3 kelas, Kelas Analisis Regresi, Kelas Analisis Variansi, dan Kelas Analisis Data Kategorik. Dari tiga kelas ini, peserta juga diberi pilihan ingin mengikuti kelas lanjutan atau kelas pemula yang tentunya materi dari tiap tingkatan ini berbeda tingkat kesulitannya. Pembagian kelas ini bertujuan agar orang-orang yang megikuti pelatihan ini bisa lebih fokus dan tidak terdistraksi dengan “seabreg” materi-materi statistika yang memang cukup memusingkan bagi orang awam.  Peserta yang mengikuti ODISTICS kebanyakan adalah mahasiswa S2 atau S3 karena mereka seringkali lupa akan materi statistika yang dulu mereka pelajari pada saat kuliah S1 dahulu.

            Tidak hanya bertujuan untuk mengabdi dan membantu masyarakat tentang materi statistika, ODISTICS juga bertujuan untuk melatih bibit baru dalam EXOTIC dalam mengajar materi- materi statistika di depan umum. Pasalnya pelatihan olah data ini tidak berhenti di ODISTICS saja. Rencanya, EXOTIC akan mengadakan pelatihan yang serupa pada tanggal 10 –  11 Oktober 2015 nanti. Hanya saja, dalam pelatihan ini peserta tidak hanya diberikan pelatihan tentang statistika saja, namun juga ada pelatihan yang berbasis seminar. Diadakan selama 2 hari berturut – turut agar peserta mendapatkan materi dari dasar hingga menengah.

            “Aku lihat dengan adanya poster yang beredar di mana-mana dan elegansi poster yang cukup lumayan, acara ini patut diacungi jempol karena dari kemasan luarnya saja sudah mencerminkan bahwa panitia penyelanggara cukup profesional dalam menggarap acara ini. Apalagi dengan banyaknya proker HIMASTA, proker pengabdian ini patut dicontoh karena HIMASTA tidak hanya sekedar penyelenggara proker, tapi juga himpunan yang aktif mengabdi,” ujar Devlin Ketua Departemen Media Lembaga Mahasiswa Kehutanan 2015.

Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.