Seminar Nasional Statistika dan Olimpiade Nasional Statistika (Semnastat & ONS) 2015

Published by Himasta FMIPA UGM on

Seminar Nasional Statistika merupakan kegiatan rutin 2 tahun sekali yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika UGM sejak tahun 2001. Seminar nasional dibuat menjadi rangkaian acara seminar nasional. Rangkaian acara Seminar Nasional ini terdiri dari Seminar Nasional Statistika dan Olimpiade Nasional Statistika.

Olimpiade Nasional Statistika

Partisipasi dari Olimpiade Nasional Statistika 2015 sebanyak 31 tim (satu tim terdiri dari 2 orang) dengan total 62 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan HTM Rp 400.000,00. Total hadiah dari olimpiade ini sebesar tiga belas juta rupiah dengan trophy bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk juara 1 nya. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 7-8 Mei 2015 dan berlangsung di gedung FMIPA UGM.

_DSC0401

Delegasi Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pada hari pertama Olimpiade Nasional Statistika, para peserta datang dengan disambut meriah oleh panitia di auditorium FMIPA UGM. Setelah acara penyambutan peserta Olimpiade Nasional Statistika lalu peserta diarahkan ke ruang pengerjaan soal babak penyisihan. Dari 31 tim diseleksi menjadi 10 tim. Setelah pengerjaan babak penyisihan lalu peserta di arahkan menuju auditorium untuk mengikuti acara talk show dengan pembicara Andri Budiwidodo (Ketua Ikatan Alumni Statistika UGM)._DSC0411

Peserta sedang menungggu babak penyisihan dimulai

Pada hari kedua Olimpiade Nasional Statistika, panitia mengumumkan 10 tim yang lolos babak semifinal. Setelah pengerjaan semifinal selesai, lalu diumumkan 5 tim yang lolos masuk babak final dari 10 tim yang lolos semifinal. 5 tim yang lolos babak final berasal dari 3 universitas berbeda, yaitu Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistika. Di akhir acara, panitia mengumumkan 3 pemenang Olimpiade Nasional Statistika. Juara 3 diraih oleh tim dari Universitas Gadjah Mada yaitu Manda Wahyu Iudina dan Zulfiana Nurul Lathifah. Juara 2 diraih oleh tim dari Institut Pertanian Bogor yaitu Hasna Melani Puspasari dan Muhammad Zaini. Juara 1 yang sekaligus membawa pulang trophy Sri Sultan Hamengkubuwono ke X yaitu tim dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika yaitu Zanial Fahmi Firdaus dan Seprianto Manullang.

Juri saat babak final berasal dari Dosen Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia dan Badan Pusat Statistik DIY. Juara 1 diraih oleh tim dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, juara 2 diraih oleh tim dari Institut Pertanian Bogor, kemudian juara 3 diraih oleh tim dari Universitas Gadjah Mada.

 

IMG_0176

Juara Olimpiade Nasional Statistika (ONS) 2015

Seminar Nasional Statistika

Seminar Nasional Statistika 2015 mengambil tema umum “Digital Life and Marketing Analytics in the Era of Big Data” dengan HTM Rp. 90.000,00. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 9 Juli 2015 dan bertempat di Auditorium Magister Manajemen (MM) UGM,  Yogyakarta.

Seminar ini dihadiri oleh pembicara-pembicara yang berkompeten di bidangnya seperti Henry Subiakta S.H, M.H (Staff Ahli Menteri Bidang Media Massa dan Komunikasi) sebagai keynote speaker, kemudian Doan Siscus  (Head of BI, Analytics, and CLM OLX Indonesia) dan Febriandi Rahmatulloh (Marketing Analytics Expert for XL Axiata Indonesia) sebagai pembicara sesi pertama dengan tema “Big Data Implementation : Applied Analytics in Digital Life for Revenue Stimulation and Customer Retention”. Sesi kedua dengan tema “Big Data Solution Technologies and Its Implementation” disampaikan oleh Imron Zuhri ( Commissioner of Mediatrac) dan Christian Angkasa (Head of Solution Architect and Big Data IT Lab of Carrier Software Group Huawei Technologies).

IMG_8896

 

Imron Zuhri, Commissioner of Mediatrac, sedang menyampaikan materi

Dalam seminar nasional statistika 2015 tahun ini, peserta merasa puas dengan inovasi yang diberikan panitia. Salah satu nya adalah dengan disambut nya peserta oleh para among tamu dengan kostum tradisional jawa nya. Lalu peserta dihibur dengan live percussion action dengan lagu lagu traditional jawa nya saat break setelah sesi 1 dan juga penampilan dari traditional dance yang memberikan suasana hangat saat para peserta sedang menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia.

Melalui acara ini, dapat kita rasakan bahwa event terbesar Himpunan Mahasiswa Statistika UGM telah berhasil dilaksanakan dengan antusias peserta yang datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Pekanbaru, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Malang, Surabaya, Madura, Kalimantan, Makassar dan lain sebagainya. Acara Seminar Nasional Statistika 2015 tercatat dihadiri dari elemen mahasiswa D3, S1, S2, S3, praktisi bisnis dan keuangan, serta masyarakat umum dengan total peserta sebanyak 316 orang.

IMG_8958

Panitia Semnastat & ONS 2015
Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.