Pekan Statistika 2019

Published by arif.s on

Pekan Statistika (PESTA) 2019 merupakan kegiatan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) FMIPA UGM yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan bekal mengenai statistika dan prospeknya serta mempererat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa statistika UGM secara umum dan mahasiswa statistika UGM 2019 secara khusus. PESTA 2019 tahun ini mengusung tema besar “Metamorph (Make Statistics more than Home)”.

PESTA 2019 diselenggarakan di FMIPA UGM dan terbagi menjadi 3 acara yaitu First Gathering dengan tema “Upgrade Our Love and Togetherness”, Studium Generale dengan tema “Rediscover Ourselves Before The New Stage of Life”, serta Starship (Statistician in Relationship) dengan tema “Spread Your Wings and Discover New Things Together”.

  First Gathering dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2019 di FMIPA UGM yang dihadiri oleh mahasiswa statistika UGM 2019. First Gathering ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia perkuliahan kepada mahasiswa baru yang diisi dengan games dan materi mengenai kuliah dan organisasi yang dibawakan oleh Muhammad Rizky Mangkuwidjaya yang merupakan ketua himasta periode 2017 untuk memberi insight kepada mahasiswa baru mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan antara kuliah dengan organisasi.

Studium Generale diadakan pada tanggal 25 Agustus 2019 bertempat di Departemen Matematika FMIPA UGM. Studium Generale ini diadakan dalam 3 sesi yaitu Sesi I dan Sesi II berupa talkshow, dan ditutup dengan Sesi III yaitu Sesi Himasta.

Pada Sesi I, diisi oleh Mukhammad Farkhan Novianto selaku Alumni Statistika UGM angkatan 2008 yang  membawakan materi mengenai prospek kerja lulusan statistika. Dilanjutkan dengan Sesi II yang diisi oleh Widi Kurniawati selaku Mahasiswa  Berprestasi FMIPA UGM yang membahas masa transisi dari SMA menuju dunia perkuliahan baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kedua sesi ini dipandu dengan sangat baik oleh Shelly Primanggara selaku moderator yang juga mengundang partisipasi aktif peserta untuk menanyakan berbagai hal mengenai materi yang dibawakan.

Sebagai penutup yaitu Sesi III yang diisi oleh setiap koordinator dan rekan kerja masing-masing biro, sub-biro dan divisi Himpunan Mahasiswa Statistika untuk  memperkenalkan tentang biro, sub-biro, dan divisi di Himpunan Mahasiswa Statistika serta program – program kerjanya.

Acara puncak dari PESTA 2019 adalah Starship (Statistician in Relationship) yang dilaksanakan di lingkungan FMIPA UGM pada tanggal 15 September 2019. Starship diisi dengan tracking ke tiap – tiap pos, dimana di tiap – tiap pos terdapat berbagai games. Selain itu terdapat juga acara makan bersama berupa tumpengan dimana diharapkan akan mempererat hubungan mahasiswa statistika UGM. Dan ditutup dengan pentas seni dari mahasiswa statistika UGM 2019.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.