AJANG PENGENALAN AKTIVITAS STATISTIKA #12

Published by Himasta FMIPA UGM on

Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA #12) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) FMIPA UGM yang bertujuan untuk mengenalkan dunia statistika dan prospek kerjanya kepada masyarakat dengan sasaran secara khusus ditujukan kepada kalangan pelajar SMA/sederajat. Pelaksanaan ANAVA tahun 2018 ini telah memasuki pelaksanaan yang ke-12 sejak pelaksanaan pertama pada tahun 2007 silam. ANAVA #12 tahun ini mengusung tema besar “Dividend (Dive and Find Your Treasure in The Ocean of Data)”.

“Dengan adanya pelaksanaan ANAVA #12 ini diharapkan bisa menciptakan isu positif tentang bidang ilmu statistika sehingga mampu menarik perhatian masyarakat”. Ujar Vishy Anand C. (Statistika 2016) selaku Ketua Panitia ANAVA #12.

ANAVA #12 diselenggarakan di FMIPA UGM dan terbagi menjadi tiga acara yaitu Olimpiade Statistika Matematika (OSM) dengan sub tema “Atlantic : All The Land of Statistics“, Try Out SBMPTN 2018 dengan sub tema “Be ready for the war, try soon for better result“, dan Sosialisasi Statistika (SIGMA) dengan sub tema “Choose statistics with your passion and find the good sensation“.

Olimpiade Statistika Matematika (OSM) terdiri dari tiga babak yakni babak penyisihan, semifinal dan final. Babak penyisihan dilaksanakan secara online pada tanggal 14 Januari 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 140 peserta dan telah meloloskan sebanyak 20 peserta ke babak semifinal. Alhamdulillah untuk tahun ini Anava#12 bisa dikatakan Nasional dikarenakan peserta OSM ada yang berasal dari Manokwari, Sulawesi Tenggara, Kalimantan, Riau, Bali, dan lain lainnya. Babak semifinal dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2018 dengan jumlah peserta lolos ke final sebanyak 5 peserta, dan pada hari yang sama langsung diadakan babak final bagi 5 peserta dengan nilai tertinggi hingga diperoleh juara 1 hingga 5. Dosen statistika FMIPA UGM yang ikut berperan sebagai juri OSM antara lain Yunita W. Sari, S.Si., M.Sc., Rika Fitriani, S.Si., M.Si., dan Rianti Siswi Utami, S.Si., M.Sc. Adapun juara 1 diraih oleh Rayhan Alghiffari Azizi (SMA Negeri 1 Pekalongan), juara 2 Nur Mutmainnah Rahim (SMA Negeri 1 Takalar), juara 3 Wisatsana Roychan Saefurrochman (SMA Negeri 1 Andong), juara 4 Hani Tustanto (SMA Negeri 1 Cilacap), dan juara 5 Abdul Rasyid Faqih (SMA Negeri 1 Andong).

 

Para pemenang OSM ANAVA#12, ciyee selamaat yaaa

Para pemenang OSM ANAVA#12, ciyee selamaat yaaa

 

 

Sedangkan, untuk acara Sosialisasi statistika (SIGMA) dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2018 dengan menghadirkan narasumber Andy Rachman (Learning and Development Manager Human Rescources Division PT. AIA FINANCE), dan Lintang Gustika S.Si (alumni statistika FMIPA UGM 2009, ResearcherImpact Factory Indonesia). SIGMA tahun ini diikuti sebanyak 100 peserta baik dari kalangan pelajar SMA/sederajat maupun umum. Dan untuk SIGMa ini bisa dikatakan Gratis lhoo, karena dengan jaminan 10 ribu, peserta bisa mendapatkan 10 ribu itu kembali + Sertifikat,Seminar Kit, dan Snack, serta pengalaman yang luar biasa pastinya.

Salah satu pembicara SIGMA nih, Pak Andy Rachman.

Salah satu pembicara SIGMA nih, Pak Andy Rachman.

 

Untuk Try Out SBMPTN 2018 dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2018 dengan jumlah peserta 1700 pelajar SMA/sederajat. Untuk menarik minat peserta panitia ANAVA #12 menyediakan hadiah bagi peraih nilai tertinggi kluster saintek dan soshum.  Pada tryout kali ini kita menggunakan Gedung Matematika, Gedung C, Ruang A106/107 dan Gedung S2S3 FMIPA UGM. Selain tryout, dari Panitia juga menyediakan Stand Stand makanan yang bisa dikunjungi peserta dikala istirahat, dan Tentunyaa ada Museum Statistika yang ada diselasar serta Photobooth.

 Tampak peserta sedang serius dalam mengerjakan soal


Tampak peserta sedang serius dalam mengerjakan soal

Untuk menutup rangkaian kegiatan ANAVA#12 ini, kami memiliki acara yaitu Bakti Sosial yang alhamdulillah terlaksana pada tanggal 17 Februari 2018. Panti Asuhan Al Quddus yang berada didaerah Ngaglik. Tepat setelah Ashar panitia ANAVA#12 hadir di Panti Asuhan Al Quddus dengan sekaligus Sosialisasi Statistika, Games dan pemberian bantuan ke pihak Panti.

Foto bareng nih Mas Izza selaku Kahima kita dengan Pak Yahya dari Pengurus Panti Asuhan Al - Quddus

Foto bareng nih Mas Izza selaku Kahima kita dengan Pak Yahya
dari Pengurus Panti Asuhan Al – Quddus

Foto Panitia Anava#12

Foto Panitia Anava#12

“Harapan untuk ANAVA #13 tahun depan semoga rangkaian acara ANAVA semakin baik dan panitia mampu mengemas acara semenarik mungkin agar para peserta dari kalangan pelajar SMA/sederajat lebih antusias terhadap statistika”. Ujar Vishy Anand C.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.