Bakti Sosial Statistika 2019

Published by arif.s on

Bakti Sosial Statistika merupakan salah satu program kerja dari Divisi Sosial dan Pengembangan Masyarakat atau Divisi Sigma. Pada tahun ini, Bakti Sosial Statistika dilaksanakan pada pada hari Minggu, 10 November 2019 di Padukuhan Banyunganti Kidul, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Tema yang diusung Bakti Sosial Statistika tahun ini adalah Together We Share, Together We Care. Bakti sosial kali ini mengundang 114 KK dan anak-anak. Selain itu terdapat juga volunteer dari mahasiswa Statistika UGM. Rangkaian acaranya antara lain adalah, penyuluhan kesehatan, games dengan anak-anak, cek kesehatan, dan bazar.

Penyuluhan kesehatan disampaikan oleh dr. Fitriana, M.Sc.,FM yang merupakan dosen FKKMK UGM dengan tema umum yaitu ‘Lansia Sehat, Lansia Mandiri’ dan topik yang disampaikan mengenai inkontinensia urine atau biasa disebut beser. Penyuluhan tersebut diikuti oleh sebagian besar warga pra lansia maupun warga lansia. Secara bersamaan, dilaksanakan juga permainan dengan anak-anak. Saat bermain anak-anak yang hadir dibersamai oleh volunteer.

Setelah penyuluhan kesehatan, terdapat cek kesehatan gratis. Dalam cek kesehatan ini panitia bekerja sama dengan mahasiswa Ilmu Keperawatan UGM. Cek kesehatan yang dilakukan berupa pengecekan kadar gula darah, asam urat, dan kolestrol. Selain itu juga terdapat pengecekan berat badan dan juga tekanan darah.

Bazar dalam acara ini ada dua, yaitu bazar sandang dan bazar sembako. Dalam bazar sandang yang dijual merupaka baju, sepatu, tas layak pakai, dijual dengan harga antara Rp 1000,00 – Rp 5000,00. Untuk bazar sembako, satu paket sembako dijual dengan harga Rp 5000,00. Uang yang terkumpul dari hasi bazar, diberikan kepada Padukuhan Banyunganti Kidul kembali.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *