Training Olah Data (TOD) 2019

Published by arif.s on

Pada tahun 2019 ini, Training Olah Data (TOD) kembali hadir dengan dua rangkaian acara yaitu Seminar dan workshop. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2019. Besarnya kebutuhan para civitas akademika akan statistika menjadi alasan kuat dilaksanakannya kegiatan ini pada tahun 2019 ini. Hal ini dikarenakan TOD yang bertujuan untuk menyebarluaskan ilmu statistika ke masyarakat non statistika. Respon masyarakat pun positif pada keberlangsungan TOD yang ke 7 ini yang dapat terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti TOD 2019. Bukan hanya jumlahnya, peserta TOD 2019 pun juga beragam, mulai dari mahasiswa S1, mahasiswa pascasarjana, bahkan praktisi ataupun dosen yang memerlukan pembelajaran ilmu statistika. Ada yang unik dari TOD 2019 ini, pada tahun ini terdapat peserta yang berasal dari Jakarta, Semarang, bahkan ada juga yang berasal dari luar Jawa.

Pada hari pertama, TOD 2019 dibuka oleh Ketua Program Studi Statistika FMIPA UGM yang diwakilkan oleh ibu Dr. Herni Utami S.Si., M.Si., dengan pembukaan simbolis pemotongan pita yang meresmikan pembukaan Training Olah Data 2019. Setelah itu dilanjutkan oleh Seminar yang dimoderatori oleh saudara Michael mahasiswa Statistika angkatan 2017.

Seminar TOD 2019 terdiri dari dua sesi, sesi pertama membahas tentang metode sampling yang disampaikan oleh dosen Statistika UGM yaitu ibu Yunita Wulan Sari S.Si., M.Si. Pada sesi pertama ini peserta mengikuti seminar dengan antusias. Peserta yang juga dari dosen atau praktisi pun banyak bertanya terkait sampling yang terkait dengan penelitiannya masing – masing. Tentu pertanyaan tersebut dijawab oleh bu Yunita walaupun tidak semua yang ingin bertanya dapat terjawab karena waktu yang terbatas.

Seminar sesi kedua membahas tentang pemilihan metode analisis data statistika yang tepat dalam beberapa praktik yang disampaikan oleh alumni Statistika UGM angkatan 2008 saudara Muhammad Farkhan Novianto. Untuk sesi ini berjalan juga dengan serius dan juga ada beberapa pertanyaan dari peserta maupun moderator.

Setelah seminar berlangsung, peserta langsung memasuki ruangan laboratorium komputer untuk mengikuti workshop tentang analisis data mulai dari pengenalan software, uji parametrik, dan analisis variansi. Workshop ini disampaikan oleh mahasiswa statistika UGM angkatan 2017 dan juga 2018. Pemateri yaitu terdiri dari trainer utama dan juga trainer samping yang sama sama bertujuan menyampaikan materi dan membantu apabila peserta tertinggal materi oleh trainer utama. Setelah materi analisis variansi selesai, maka selesai juga TOD hari pertama.

Pada hari kedua, peserta langsung mengikuti workshop yang juga disampaikan oleh mahasiswa angkatan 2017 dan 2018. Materi yang disampaikan yaitu materi analisis regresi, statistika non parametrik, analisis data kategorik, dan uji validitas dan reliabilitas. Peserta pun mengikuti workshop dengan serius dan banyak bertanya juga terkait penelitiannya masing masing.

Hal yang berbeda dari hari pertama yaitu pada hari kedua ini terdapat coffee break yang juga ditemani oleh alunan musik yang dimainkan oleh Stokastik (Statistics on Accoustic) yaitu wadah bermusik yang juga disediakan oleh HIMASTA UGM. Setelah itu peserta kembali mengikuti workshop di ruang laboratorium komputer.

Acara TOD ini juga merupakan kegiatan tahunan dari Sub – Biro Exotic Himasta UGM, maka dari itu untuk yang belum berkesempatan untuk mengikuti TOD 2019 dapat mengikuti TOD di tahun depan. Stay tune terus ke media sosial HIMASTA UGM untuk liat info – info selanjutnya. See ya!

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *