Studi Ekskursi 2019 : Fantastic Trip with Statistics (FANATIC)

Published by arif.s on

Pada tanggal 22 Juli sampai dengan 26 Juli 2019, telah diselenggarakan Studi Ekskursi 2019. Studi Ekskursi (SE) sendiri merupakan proker Divisi Hubungan antar Lembaga dan Mahasiswa (Halma) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali bergantian dengan Kunjungan Jauh. SE bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa Statistika tentang dunia kerja lulusan Statistika nantinya. SE tahun 2019 ini mengambil tema FANATIC : Fantastic Trip with Statistics serta diikuti oleh 50 mahasiswa Statistika yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 dengan didampingi oleh dua orang dosen yaitu Ibu Rianti Siswi U., S.Si., M.Sc. dan Ibu Rahmasari Nur Azizah, S.Si., M.Sc. Lokasi tujuan SE 2019 antara lain Jakarta dan Bandung.

Peserta berangkat dari UGM pada tanggal 22 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB dengan mengendarai satu bus pariwisata. Dalam perjalanan menuju Jakarta, perjalanan cukup lancar, bahkan kami dapat tiba di Jakarta lebih cepat dari jadwal. Akibatnya, pada jam 02.00 pagi kami sudah tiba di Masjid At-Tin. Sesampainya di Masjid At-Tin, kami beristirahat sejenak sampai pukul 03.30. Selanjutnya kami langsung membersihkan diri, beribadah dan sarapan untuk kemudian mengikuti kunjungan yang pertama yaitu menuju Bursa Efek Indonesia Jakarta bersama rombongan yang berangkat dari Jakarta.

Kami tiba di BEI sekitar pukul 08.30 WIB dan langsung di arahkan untuk masuk ke Galeri BEI melalui pintu tower dua. Galeri tersebut berisi foto penjelasan sejarah BEI, phosporus perusahaan, dan terdapat video penjelasan tentang investasi, saham, dan lain-lain. Setelah melihat galeri, kami mendapat sambutan ketika pembukaan pasar saham pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya kami menuju studio untuk diberikan pemaparan materi-materi yang menjelaskan tentang bagaimana cara berinvestasi, apa itu saham, channel broadcast BEI, dan pengenalan perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi mitra di BEI.

Setelah berkunjung ke BEI, peserta berkunjung ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pertama-tama kami melaksanakan sholat dzuhur di masjid BPK, setelah itu kami menuju ruangan pertemuan untuk mendapat sambutan langsung dari salah satu pimpinan BPK. Peserta disambut dengan sangat baik di sana. Selesai sambutan, masuk ke penjelasan materi yang berkaitan dengan Profile BPK, apa saja yang dikerjakan BPK, dan serta diberikan kesempatan untuk sesi tanya jawab. Setelah kunjungan di BPK, kami berangkat menuju Hotel Alam Permai, Bandung pada pukul 15.00 WIB. Kami tiba di Hotel Alam Permai pada pukul 22.00 WIB, sesampainya disana kami langsung beristirahat untuk melanjutkan kegiatan hari ketiga.

Kegiatan pertama pada hari ketiga Studi Ekskursi 2019 adalah kunjungan ke Bandung Digital Valley di daerah Telkom Corporate University Center, Kota Bandung. Setelah persiapan dan sarapan kami berangkat pukul 08.00 WIB, kami sampai di lokasi pada pukul 08.45 WIB. Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk berkeliling sekitar Telkom Corporate University Center. Setelah waktu menunjukan puku 09.30 WIB, para peserta dipersilahkan menuju ke gedung Bandung Digital Valley untuk melakukan kunjungan di ruang co-working space di dalam gedung Bandung Digital Valley.

Acara berlangsung kurang lebih selama dua jam. Peserta dijelaskan mengenai sejarah Bandung Digital Valley, bagaimana karyawan BDV bekerja dan berbagai proyek yang dikerjakannya yang salah satunya adalah proyek inkubasi startup. Salah satu hal yang menarik adalah karyawan BDV dapat bekerja dimanapun dan kapanpun secara online dengan memanfaatkan aplikasi yang dikembangkan. BDV juga aktif untuk membantu secara pendanaan maupun pelatihan dan pembimbingan pada berbagai startup. Setelah mengunjungi BDV, kami berangkat menuju Taman Bunga Begonia. Kami sampai di Taman Bunga Begonia pada pukul 12.30. Peserta dapat melihat berbagai keindahan bunga yang tertata rapi di taman tersebut. Banyak objek menarik untuk berfoto para peserta. Selanjutnya, kami meneruskan perjalanan menuju Farmhouse yang berlokasi di daerah Lembang.

Kami sampai di Farmhouse pada pukul 15.00, sesampainya disana kami berkeliling untuk menikmati suasana yang sejuk dengan disertai pemandangan yang indah khas Eropa. Peserta berkesempatan untuk berkeliling sekaligus menikmati segarnya Susu khas. Farmhouse juga menghadirkan berbagai jenis hewan yang bisa diajak berfoto dan bermain bersama para pengunjungnya. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke local restaurant untuk makan malam, dan setelah itu kembali ke Hotel Alam Permai. Setelah itu peserta memiliki free time untuk beristirahat atau berjalan-jalan menikmati suasana malam berkeliling kota Bandung. Setelah puas berjalan-jalan, peserta kembali ke hotel untuk beristirahat dan melanjutkan kegiatan di hari keempat.

Pada hari keempat, peserta melakukan checkout hotel pada pukul 07.30 WIB, dan berangkat menuju kantor Bukalapak yang berada di Jakarta. Perjalanan dari Bandung cukup lancar meskipun terkena sedikit kemacetan ketika memasuki Jakarta. Ketika hampir sampai di kantor Bukalapak, kami mendapat masalah yang tidak terduga, karena bus yang digunakan cukup besar dan tinggi, bus tidak dapat melewati jalan untuk menuju kantor Bukalapak dikarenakan kabel listrik yang tidak tertata dengan baik sehingga menyebabkan kabel-kabel tersebut menyilang melewati jalan dengan ketinggian yang rendah, sehingga bus yang kami gunakan tidak dapat melewati jalan tersebut. Setelah berdiskusi, akhirnya didapatkan solusi untuk memarkirkan bus pada sebuah lahan parkir yang jaraknya kurang lebih 1 km dari kantor Bukalapak.

Setelah makan siang peserta berjalan menuju kantor Bukalapak dengan dipandu oleh petugas keamanan kantor Bukalapak. kemudian langsung dilanjutkan melaksanakan ibadah sholat. Selanjutnya, peserta menuju ruang sharing yang biasa digunakan untuk acara BukaTalks, BukaTalks merupakan suatu acara sharing dan diskusi praktisi maupun komunitas-komunitas. Diruangan tersebut peserta mendapatkan sambutan dari Senior Data Manager Bukalapak yaitu Mas Rifan Kurnia yang juga merupakan Alumni Statistika UGM angkatan 2007. Setelah itu Mas Rifan menjelaskan langsung kepada peserta tentang pentingnya data dalam menentukan suatu keputusan dalam perusahaan, Bukalapak sendiri yang merupakan data driven company merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan secara maksimal penggunaan data. Setelah itu, praktisi-praktisi muda Bukalapak mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka mulai dari bangku perkuliahan hingga menjadi data scientist di Bukalapak. Acara sharing tersebut berlangsung dengan sangat menarik. Selanjutnya kami berfoto bersama dengan para pembicara, dan kembali ke bus.

Selanjutnya kami meneruskan perjalanan menuju untuk kembali ke Yogyakarta. Dalam perjalanan pulang, peserta juga mampir untuk makan malam dan mengunjungi pusat oleh-oleh makanan khas Jawa Barat untuk membeli beberapa oleh-oleh makanan khas Jawa Barat. Setelah membeli oleh-oleh, perjalanan pulang menuju Yogyakarta kembali dilanjutkan. Perjalanan menuju kampus tercinta berjalan dengan lancar dan peserta dapat tiba di UGM pukul 04.00 WIB dengan selamat dan bahagia.

Dalam Studi Ekskursi 2019, peserta mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan mendapatkan kebahagiaan di penghujung liburan semester genap tahun ini.