Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika #13

Published by Himasta FMIPA UGM on

Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA #13) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) FMIPA UGM yang bertujuan untuk mengenalkan dunia statistika dan prospek kerjanya kepada masyarakat dengan sasaran secara khusus ditujukan kepada kalangan pelajar SMA/sederajat. Pelaksanaan ANAVA tahun 2019 ini telah memasuki pelaksanaan yang ke-13 sejak pelaksanaan pertama pada tahun 2007 silam. ANAVA #13 tahun ini mengusung tema besar “Lightsaber (Lighten Your Way with Statistics For Better Tomorrow)”.

“Dengan diadakannya ANAVA#13 ini, diharapkan semakin banyak orang mengerti betapa pentingnya ilmu statistik dalam dunia modern seperti saat ini.” Ujar Antonius Indo Kristikala (Statistika 2017) selaku Ketua Panitia ANAVA#13.

ANAVA #13 diselenggarakan di FMIPA UGM dan terbagi menjadi tiga acara yaitu Olimpiade Statistika Matematika (OSM) dengan sub tema “Spasio (Spectacular Statistics Olympiad) “, Try Out SBMPTN 2019 dengan sub tema “Prepare Your Weapon, Punch Your Weakness, Pick Your Worthness “, dan Sosialisasi Statistika (SIGMA) dengan sub tema “Put Your Dreams in The Sky and Let Statistics Become Your Wings “.

Olimpiade Statistika Matematika (OSM) terdiri dari tiga babak yakni babak penyisihan, semifinal dan final. Babak penyisihan dilaksanakan secara online pada tanggal 20 Januari 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 150 peserta dan telah meloloskan sebanyak 20 peserta ke babak semifinal. Alhamdulillah, Puji Tuhan untuk tahun ini Anava#13 bisa dikatakan Nasional dikarenakan peserta OSM ada yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bali, dan lainnya. Babak semifinal dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2019 dengan jumlah peserta lolos ke final sebanyak 5 peserta, dan pada hari yang sama langsung diadakan babak final bagi 5 peserta dengan nilai tertinggi hingga diperoleh juara 1 hingga 5.

ANAVA13-1

Juara Olimpiade Statistika Matematika (OSM)

Sedangkan, untuk acara Sosialisasi statistika (SIGMA) dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2019 dengan menghadirkan narasumber Fauzi Arfan, FSAI, AAI-J (President Persatuan Aktuaris Indonesia) dan Irwan Rizadi, M.Sc. (alumni statistika FMIPA UGM 2007, Lead Data Scientist PT. Astra Internasional). SIGMA tahun ini diikuti sebanyak 150 peserta baik dari kalangan pelajar SMA/sederajat maupun umum. Dan untuk SIGMa ini bisa dikatakan Gratis lhoo, karena dengan jaminan 10 ribu, peserta bisa mendapatkan 10 ribu itu kembali + Sertifikat,Seminar Kit, dan Snack, serta pengalaman yang luar biasa pastinya.

ANAVA13-2

Sosialisasi Statistika (SIGMA)

Pada tahun ini kami dari panitia juga berinovasi dengan mengadakan Pekan Sigma. Acara ini adalah sosialisasi tentang statistika ke sekolah-sekolah di sekitar DIY yang dilaksanakan 21-25 Januari 2019.

ANAVA13-3

Untuk Try Out SBMPTN 2019 dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Februari 2019, tanggal 3 untuk soshum dan tanggal 4 untuk saintek. Dengan jumlah peserta 2100 pelajar SMA/sederajat. Untuk menarik minat peserta panitia ANAVA #13 menyediakan hadiah bagi peraih nilai tertinggi kluster saintek dan soshum.  Pada tryout kali ini kita menggunakan Gedung Matematika, Gedung C saja karena TO dipisah menjadi 2 hari. Selain tryout, dari Panitia juga menyediakan Stand Stand makanan yang bisa dikunjungi peserta dikala istirahat dan ada juga photobooth untuk mengabadikan momen saat mengikuti acara ini.

ANAVA13-4

Suasana pengerjaan Try Out

Untuk menutup rangkaian kegiatan ANAVA#13 ini, kami memiliki acara yaitu Bakti Sosial yang terlaksana pada tanggal 24 Februari 2019. Panti Asuhan Anak Terlantar Wiloso Projo yang berada didaerah Gowongan. Sekitar jam 1 kami panitia ANAVA#13 hadir di Panti Asuhan dengan sekaligus Sosialisasi Statistika, Games dan pemberian bantuan ke pihak Panti.

ANAVA13-5

Foto panitia ANAVA #13

“Harapan untuk ANAVA#14 tahun depan semoga dapat lebih baik lagi dari tahun ini. Semoga panitia juga bisa memberikan inovasi-inovasi yang lebih bagus sehingga ANAVA ini dapat lebih menarik dan menjadi acara yang lebih besar lagi.” Ujar Antonius Indo Kristikala.

Categories: BeritaEvents