Training Olah Data 2017 ( TOD 2017 )

Published by Himasta FMIPA UGM on

Pada tahun 2017 ini, Sub Biro EXOTIC HIMASTA UGM kembali menyelenggarakan salah satu program kerja andalannya yaitu acara Training Olah Data 2017 ( TOD 2017 ) dengan membuka kelas-kelas workshop olah data yang bertujuan untuk memasyarakatkan ilmu statistika dan memperkenalkan beberapa alat statistika beserta metode analisisnya ke dunia luar , yang dikhususkan kepada masyarakat umum dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di kehidupan sekitar mereka yang berkaitan dengan pengolahan data atau statistik dalam kehidupan sehari-hari seperti skripsi, tesis maupun hal-hal lain yang berbau statistik. Tak heran jika mayoritas dari peserta TOD 2017 ini merupakan mahasiswa S1 dan S2 dari berbagai perguruan tinggi ternama seperti UGM, UII, UNY, UIN, UPN, STIKES bahkan pada TOD 2017 ini didominasi oleh para ibu-ibu yang sedang menempuh studi S3 pada fakultas pertanian, serta ada juga beberapa dari masyarakat umum yang mau mempelajari ilmu statistika secara lebih mendalam. Tidak dapat dipungkiri melihat antusiasme para peserta workshop TOD dari tahun ke tahunnya yang tidak pernah menurun bahkan cenderung meningkat menjadikan bukti kuat bahwa ilmu statistika memang sangat penting di era sekarang ini dan berhubungan erat dengan berbagai macam displin ilmu yang ada.
Acara Training Olah Data 2017 ( TOD 2017 )  ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 14-15 Oktober 2017 kemarin. Secara garis besar, rangkaian acara TOD 2017 ini terdiri dari 2 acara utama yaitu  Seminar Ilmu Statistika dan Workshop Olah Data. Dengan mengangkat tema utama tahun ini yaitu “Make Your Data Alive With Statistics”, harapannya para peserta yang sudah mengikuti event TOD 2017 ini mampu mempergunakan kembali ilmu apa saja yang telah didapatkan dalam event ini untuk menyelesaikan berbagai permasalahan-permasalahan statistik  di bidang konsentrasi ilmunya masing-masing serta tidak memandang data sebagai sesuatu yang “rumit” tetapi membuat data-data set tersebut “hidup” dengan analisis serta hipotesis yang tepat.

Oleh karena itu, tema yang diangkat untuk seminar pada tahun ini adalah “Pemilihan Analisis Data serta Analysis of Variance”. Tema seminar yang pertama dipilih panitia dengan maksud agar para peserta mengerti pentingnya ketepatan suatu analisis pengolahan data terhadap suatu kasus tertentu serta dapat mengidentifikasi analisis mana yang harus dipilih jika menghadapi kasus tersebut dan juga topik seminar yang kedua diangkat panitia karena panitia memiliki pandangan bahwa salah satu uji analisis yang sangat sering digunakan oleh masyarakat umum adalah uji Analysis of Variance atau lebih sering kita kenal dengan sebutan ANOVA sehingga diharapkan para peserta mampu memahami secara mendalam tentang analisis tersebut.

IMG_5094

Sesi Seminar Ilmu Statistika TOD 2017

Pada hari pertama TOD 2017, pada pukul 07.30 WIB sudah dibuka sesi open registration untuk para peserta bahkan terdapat beberapa peserta yang sudah hadir sebelum sesi open registration (sangat terlihat tingginya semangat para peserta). Setelah sesi sambutan oleh Ketua Panitia TOD 2017, Mathew Yose Hananta dan dilanjutkan dengan sambutan serta pembukaan acara secara resmi oleh Ketua HIMASTA UGM 2017, Muhammad Rizky Mangkuwidjaya acara yang selanjutnya yaitu seminar langsung saja dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB. Acara seminar sesi pertama mengenai “ Pemilihan Analisis Data “ oleh narasumber Bapak Ezra Putranda Setiawan S.Si. yang kemudian langsung dilanjutkan dengan seminar sesi kedua tentang “ Analysis of Variance “ oleh dosen kami Ibu Vemmie Nastiti Lestari S.Si.,M.Sc. Selama kegiatan seminar berlangsung, antusias peserta terlihat sangat tinggi, hal ini tampak dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan sampai-sampai waktu tidak mencukupi untuk sesi tanya jawab. Kegiatan seminar TOD 2017 ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara dan moderator dilanjutkan dengan kegiatan ISHOMA untuk para peserta. Setelah melaksanakan kegiatan ISHOMA, peserta menuju ke laboratorium komputasi Matematika FMIPA UGM untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu workshop yang terdiri dari pengenalan aplikasi SPSS dan MINITAB serta Statistika Parametrik vs Non Parametrik. Kegiatan workshop hari pertama ini berjalan dengan lancar. Semua peserta tampak mengikuti workshop ini dengan sangat tenang namun santai karena setiap ada kesulitan atau kebingungan selalu ada trainer samping yang siap membantu dan juga trainer utama yang handal dan berpengalaman dalam menyampaikan materi. Tanpa terasa tiba-tiba waktu telah menunjukkan pukul 16.00 WIB yang menandakan berakhirnya kegiatan TOD pada hari pertama.

Pada hari kedua TOD 2017 , kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan workshop materi yang pertama yaitu Analisis Variansi, setelah berakhirnya workshop pertama ini pada pukul 09.30 WIB dilanjutkan dengan sesi coffee break yang disediakan oleh panitia agar peserta tidak mengantuk dan tetap terjaga semangatnya karena pada hari kedua ini acaranya adalah full workshop hingga pukul 16.30 WIB. Coffee break ini juga diselingi dengan penampilan dari STOKASTIK (Statistics on acoustic) HIMASTA UGM untuk menghibur peserta TOD sambil menikmati snack dan secangkir kopi dan tehnya. Pada pukul 10.00 WIB kegiatan dilanjutkan kembali dengan workshop kedua dengan materi Analisis Regresi sampai pukul 11.45 WIB, dan disambung dengan ISHOMA sampai pukul 12.30 WIB. Setelah kegiatan ISHOMA selesai, seluruh peserta dikondisikan masuk ke dalam laboratorium komputasi Matematika FMIPA UGM kembali  untuk mengikuti 2 sesi workshop terakhir yaitu dengan materi Analisis Data Kategorik dari jam 12.30 WIB  dan langsung saja dilanjutkan dengan materi Validitas dan Reabilitas hingga pukul 16.30 WIB. Pada workshop yang terakhir yaitu materi Validitas dan Reabilitas , trainernya sengaja didatangkan panitia dari kakak-kakak senior Statistika UGM angkatan 2014 supaya peserta dapat lebih memahami materi yang akan disampaikan. Setelah seluruh rangkaian acara TOD 2017 terselesaikan dengan baik, para peserta TOD 2017 mengambil sertifikat sebagai bukti bentuk apresiasi panitia karena telah mengikuti event TOD 2017 ini dan tidak lupa bahwa modul TOD 2017 juga diberikan secara cuma-cuma kepada para peserta. Tidak hanya itu, pada tahun ini panitia TOD 2017 juga memberikan sesuatu yang spesial dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu  kenang-kenangan kepada peserta berupa DVD TOD 2017 yang berisikan file latihan serta contoh soal dan juga file aplikasi-aplikasi olah data yang digunakan selama workshop seperti Minitab dan SPSS.

IMG_7492

Suasana Workshop TOD 2017

Tidak terasa dengan terlaksananya TOD 2017 ini, maka kegiatan Training Olah Data ( TOD ) itu sendiri sudah dilaksanakan selama 5 kali berturut-turut setiap tahunnya. Kami juga mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam menyukseskan acara TOD 2017 ini serta kepada seluruh peserta TOD yang sudah membuat Sold-Out tiket TOD setiap tahunnya khususnya di tahun 2017 ini. Semoga dengan adanya acara Training Olah Data 2017 ( TOD 2017 ) tujuan para panitia untuk memasyarakatkan ilmu Statistika ke dunia luar dapat tercapai dan acara TOD ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya bahkan lebih ditingkatkan lagi kualitasnya.

Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.