Dokumentasi KP & TA

Published by Himasta FMIPA UGM on

Kerja Praktek

Kerja praktek (KP) dengan bobot 3 SKS yang berupa penerapan statistika di dunia kerja (industri/departemen/pusat studi/perguruan tinggi) merupakan salah satu kegiatan akademik yang diwajibkan bagi mahasiswa prodi statistika setelah menempuh paling sedikit 100 SKS.

Berkaitan dengan MBKM, Prodi Statistika memberi ruang yang lebih leluasa bagi mahasiswa yang ingin menambah pengalaman magang dan kerja praktek di suatu instansi dengan mengikuti ketentuan MBKM yang fleksibel sesuai situasi dan kondisi kampus dan institusi terkait sehingga dapat diakui sebagai mata kuliah wajib kerja praktek dari prodi statistika.

Tujuan KP:

  1. Melatih kemampuan mahasiswa dalam menerapkan statistika dalam dunia kerja.
  2. Mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja.
  3. Memperluas wawasan mahasiswa dalam penerapan statistika.

Prosedur Pelaksanaan KP:

  1. KP dapat dilakukan oleh mahasiswa setiap semester.
  2. Dosen Pembimbing KP adalah Dosen Pembimbing Akademik (DPA).
  3. Mahasiswa mengajukan surat permohonan izin KP dengan mencantumkan tanda tangan Dosen Pembimbing Akademik (DPA), Sekretaris Prodi dan Ketua Departemen. Selanjutnya,  diteruskan ke Administrasi Fakultas untuk mendapatkan surat permohonan KP ke instansi yang dituju.
  4. Setelah mendapat surat permohonan KP dari Fakultas, mahasiswa meneruskan prosesnya ke instansi yang dituju.
  5. Jangka waktu dan teknis pelaksanaan KP disesuaikan dengan instansi terkait dengan lama waktu tidak lebih dari dua bulan.
  6. Mahasiswa wajib melakukan bimbingan awal sebelum pelaksanaan KP, memberi informasi pada saat pelaksanaan KP dan melaporkan hasil sementara setelah pelaksanaan KP kepada Dosen Pembimbing Akademik (DPA).
  7. Setelah menyelesaikan KP, mahasiswa diminta membuat laporan KP di bawah supervisi DPA. Apabila laporan KP belum selesai dan belum keluar nilai pada semester saat ambil KP, maka semester depan harus mengambil mata kuliah KP kembali (3 SKS).
  8. Petunjuk lebih lanjut tentang tata cara pelaksanaan KP dan penyusunan laporan kerja praktek dapat di lihat pada “Buku Panduan Pelaksanaan dan Penyusunan Laporan Kerja Praktek” yang diterbitkan oleh Program Studi Statistika FMIPA UGM dan tersedia di Sekretariat Program Studi.

    Tugas Akhir

    Tugas akhir (TA) berupa skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang wajib diambil mahasiswa prodi statistika yang telah menempuh paling sedikit 110 SKS terbaik dengan IPK 2. TA dibagi menjadi 2, yaitu TA I dan TA II. TA I berbobot 3 SKS dan TA II berbobot 6 SKS.

    Tujuan TA:

    1. Mempertajam berpikir secara kritis, logis dan analitis.
    2. Melatih kemandirian dalam mengembangkan karier ilmiahnya.
    3. Melatih kemampuan menulis karya ilmiah secara komprehensif.
    4. Mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi, terjun ke masyarakat, atau dunia kerja.

    Prosedur Pelaksanaan TA:

    1. TA diselenggarakan di setiap semester.
    2. Mahasiswa mendaftarkan TA di TU Departemen Matematika. Waktu pendaftaran TA paling lambat 5 hari kerja setelah batas akhir penyerahan KRS pada awal semester terkait
    3. Pelaksanaan TA pada semester yang sedang berjalan.
    4. Dosen pembimbing TA I dan TA II sama, kecuali ada suatu hal tertentu mahasiswa boleh ganti dosen pembimbing. Untuk mekanisme pengajuan dosen pembimbing, yaitu mendaftar di saat ada pembukaan bimbingan skripsi pada saat KRS.
    5. Pada prinsipnya TA I dan TA II terintegrasi, tetapi boleh diambil terpisah. Bagi yang mengambil TA I saja, apabila bab I dan bab II sudah selesai, langsung dibuat laporan kemudian mendapat nilai. Sehingga di semester berikutnya bisa langsung ambil TA II saja.
    6. Apabila TA I dan TA II diambil sekaligus, tetapi keduanya belum selesai, maka semester berikutnya ambil lagi TA I dan TA II. Tetapi, apabila hanya bisa menyelesaikan TA I maka semester berikutnya ambil TA II saja.
    7. Ujian dan penilaian TA diatur dalam manual prosedur Aturan lebih lanjut pelaksanaan TA diberikan di papan pengumuman Sekretariat Prodi Statistika.

     

      Dokumentasi Kerja Praktik dapat dilihat di sini

      Dokumentasi Tugas Akhir dapat dilihat di sini.

      Categories: Downloads