Studi Ekskursi 2017 : An Extraordinary Sweet Trip With Statistics (AESTHETIC)

Published by Himasta FMIPA UGM on

Pada tanggal 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2017, telah diselenggarakan Studi Ekskursi 2017. Studi Ekskursi (SE) sendiri merupakan proker Divisi Hubungan antar Lembaga dan Mahasiswa (Halma) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali bergantian dengan Kunjungan Jauh. SE bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa Statistika tentang dunia kerja lulusan Statistika nantinya. SE tahun 2017 ini mengambil tema AESTHETIC : An Extraordinary Sweet Trip With Statistics serta diikuti oleh 56 mahasiswa Statistika yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 dengan didampingi oleh seorang dosen yaitu Bapak Dr. Adhitya Ronnie E., M.Sc. Lokasi tujuan SE 2017 antara lain Jakarta, Sukabumi, dan Bandung.

Peserta berangkat dari UGM pada tanggal 30 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB dengan mengendarai satu bus pariwisata. Dalam perjalanan menuju Jakarta, bus kami terjebak macet karena sedang ada pembangunan flyover di daerah Banyumas. Akibatnya, kami tiba di Jakarta sudah terlalu pagi dan terkena macet lagi saat di tol menuju Masjid Istiqlal. Sesampainya di Masjod Istiqlal, kami langsung membersihkan diri dan segera sarapan untuk kemudian mengikuti kunjungan yang pertama yaitu menuju Bursa Efek Indonesia Jakarta bersama rombongan yang berangkat dari Jakarta.

se1

Kami tiba di BEI sekitar pukul 10.30 WIB dan langsung di arahkan untuk masuk ke Galeri BEI melalui pintu tower dua. Galeri tersebut berisi foto penjelasan sejarah BEI, phosporus perusahaan, dan terdapat video penjelasan tentang investasi, saham, dan lain-lain. Sebelum berkeliling kami mendapat sambutan sekaligus kelas singkat yang menjelaskan tentang bagaimana cara berinvestasi, apa itu saham, dan pengenalan perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi mitra di BEI. Setelah berkeliling galeri, peserta dipersilahkan masuk ke ruang auditorium yang berisi grafik trading. Peserta melakukan foto bersama di dalam auditorium.

WhatsApp Image 2017-08-11 at 9.39.43 PM

Setelah berkunjung ke BEI, peserta berkunjung ke Asuransi Central Asia (ACA). Dalam kunjungan ini peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama merupakan peserta angkatan 2015, dan kelompok kedua merupakan peserta angkatan 2016. Pertama-tama kelompok satu dan dua dikumpulkan di ruangan pertemuan untuk mendapat sambutan langsung dari Presiden Direktur ACA, Bapak Teddy Hailamsah. Peserta disambut dengan sangat baik di sana. Selesai sambutan, kelompok satu dan dua dipisah untuk mengikuti materi yang disampaikan oleh pihak ACA. Materi pertama merupakan materi yang berkaitan dengan Profile ACA. Setelah materi pertama selesai, peserta diajak berkeliling melihat secara langsung pegawai ACA bekerja di divisi masing-masing. Tidak hanya melihat tapi kami juga mendapatkan penjelasan apa saja yang dikerjakan di divisi-divisi tersebut serta mendapat kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab. Setelah selesai berkeliling, peserta kembali ke ruangan untuk mengikuti materi selanjutnya mengenai Peran Statistika dalam Bidang Akuntansi sekaligus penutupan.

Kunjungan ketiga Studi Ekskursi 2017 adalah Studio Net TV di daerah Pancoran. Peserta sampai di lokasi pada pukul 17.00 WIB. Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk istirahat dan shalat terlebih dahulu. Setelah shalat maghrib, para peserta dipersilahkan masuk ke ruang shooting acara Waktu Indonesia Bercanda (WIB) yang dibintangi oleh Cak Lontong, Fitri Tropica, Bedu, Akbar, Peppy, Ronald, dengan bintang tamu Cut Tari. Acara berlangsung kurang lebih selama dua jam. Peserta duduk di bangku penonton dan menyaksikan secara langsung proses shooting acara komedi yang biasanya hanya bisa menyaksikan melalui televisi. Selesai shooting, peserta menikmati makan malam terlebih dahulu lalu pulang menuju hotel tempat menginap yaitu di Plaza Hotel Harco daerah Mangga Dua.

Kunjungan kembali dilanjutkan pada hari Selasa, 1 Agustus 2017 yaitu menuju lokasi PT Amerta Indah Otsuka, Sukabumi, Jawa Barat yang merupakan pabrik minuman Pocari Sweat. Peserta tiba di Sukabumi pukul 12.00 WIB kemudian melaksanakan sholat dan makan siang sebelum melaksanakan kunjungan pada pukul 13.00 WIB. Tiba di PT AIO, peserta diarahkan menuju aula dan kunjungan dimulai dengan penjelasan dari pihak PT AIO mengenai sejarah PT Otsuka Japan, produk-produk mereka dan manfaatnya, pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dalam pabrik, serta proses produksi yang dilakukan. Setelah itu, peserta diarahkan untuk berkeliling beberapa bagian dalam pabrik. Karena sedang dilakukan maintenance pada mesin-mesin maka peserta tidak dapat melihat secara langsung proses produksi, namun hanya melihat proses produksi melalui video singkat. Setelah itu, peserta diajak bermain game 3D di sebuah ruangan khusus. Lalu, di akhir kunjungan, peserta diberi souvenir dari pihak PT AIO berupa pin, salah satu produk Pocari Sweat, serta goodie bag. Kunjungan diakhiri dengan sesi foto-foto dan penyerahan plakat. Kemudian, peserta langsung bertolak menuju hotel di daerah Bandung untuk melakukan kunjungan wisata esok hari.

WhatsApp Image 2017-08-03 at 6.14.41 AM

Pada hari selanjutnya, peserta melaksanakan city tour di daerah Bandung, yaitu menuju Kawah Putih dan Situ Patenggang. Sebelum menuju Ciwidey, peserta mampir di pusat oleh-oleh khas Bandung terlebih dahulu untuk berbelanja oleh-oleh. Peserta tiba di Ciwidey pukul 11.00 WIB kemudian langsung makan siang dan dilanjutkan melaksanakan ibadah sholat. Setelah itu, peserta menuju tempat wisata Kawah Putih menggunakan mobil angkutan yang telah disediakan. Tiba di sana, peserta berfoto-foto sampai sekitar  pukul 14.15 WIB dan kembali ke parkiran bus untuk melanjutkan perjalanan ke Situ Patenggang. Setibanya di Situ Patenggang, peserta langsung menikmati sejuknya suasana di sana sambil berfoto-foto dan membeli beberapa jajanan untuk menghangatkan badan. Puas menikmati wisata Situ Patenggang, peserta lalu kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan pulang.

Dalam perjalanan pulang, peserta juga mampir di pusat oleh-oleh makanan khas Jawa Barat untuk membeli beberapa oleh-oleh makanan khas Jawa Barat. Setelah membeli oleh-oleh, perjalanan pulang menuju Yogyakarta kembali dilanjutkan. Bus berhenti sejenak di masjid daerah Kulon Progo saat waktunya menjalankan ibadah sholat Subuh. Perjalanan menuju kampus tercinta lalu dilanjutkan dan peserta tiba di UGM pukul 06.00 WIB dengan selamat dan bahagia.

Dalam Studi Ekskursi 2017, peserta mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan mendapatkan kebahagiaan di penghujung liburan semester genap tahun ini.

Categories: BeritaEvents

2 Comments

abil · November 6, 2019 at 12:01 AM

Wah keren ya

hendri · November 6, 2019 at 12:01 AM

Wah kapan lagi ada acara hini ya pengen ikut hehe

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.