Kami Tidak Pergi, Hanya Berganti

Published by Himasta FMIPA UGM on

Eritrosit atau sel darah merah merupakan salah satu komponen darah yang memberikan warna merah dengan cara pengikatan hemoglobin eritrosit oleh oksigen. Di dalam darah eritrosit berfungsi sebagai pengangkut hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru menuju ke jaringan organ perifer dan mengeluarkan karbondioksida dari jaringan/organ perifer menuju paru-paru untuk dikeluarkan. Tanpa adanya eritrosit tubuh manusia tidak akan mampu melangsungkan kehidupannya.

Masa hidup eritrosit di dalam tubuh sekitar 120 hari. Setelah 120 hari eritrosit akan dihancurkan dan digantikan dengan eritrosit yang baru. Berawal dari proses pematangan sel darah merah yang memerlukan dua vitamin penting yaitu asam volat dan vitamin B12. Kedua vitamin tersebut akan membentuk timidin trifosfat yang akan membangun inti DNA eritrosit. Kekurangan kedua vitamin tersebut akan menjadikan abnormalitas pematangan dan inti sel DNA eritrosit. Pada keadaan ini eritrosit akan berbentuk lebih besar dan mudah pecah namun masih tetap bisa mengangkut oksigen. Proses dilanjutkan dengan pembentukan hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen. Lalu sel darah merah akan beredar dalam tubuh dan melakukan metabolisme zat besi (Fe) dalam tubuh. Jika masa hidup eritrosit habis maka membran eritrosit akan menipis dan akan dihancurkan di kapiler limfa. Eritrosit yang baru akan menggantikannya demi melangsungkan kehidupan manusia.

Banyak hal di dunia ini yang bisa dianalogikan. Dalam hal ini kita sebut dengan paragraf analogi. Paragraf analogi adalah paragraf yang membandingkan dua hal dengan lebih banyak persamaan. Kalimat yang mungkin ditunggu-tunggu adalah “Begitu juga dengan siklus kehidupan Himasta FMIPA UGM”. Semua komponen yang ada didalamnya menjadi komponen penting demi kelangsungan Himasta FMIPA UGM. Tanpa adanya komponen tersebut Himasta FMIPA UGM tidak akan pernah ada. Pengurus Himasta ibarat sel darah merah yang juga memiliki masa hidup atau masa kepengurusan selama 1 periode. Setelah itu akan digantikan dengan pengurus yang baru. Di awal kepengurusan pun pengurus yang baru harus dibekali dengan vitamin. Semangat menyatukan pandangan dalam satu visi misi. Bahwa Himasta adalah kita dan kita adalah Himasta.

Masa hidup pengurus Himasta 2016 telah berakhir. Kehidupan pengurus Himasta 2017 baru saja di mulai. Kami ucapkan “Selamat kepada saudara Muhammad Rizky Mangkuwidjaya yang telah terpilih dan resmi dilantik sebagai Ketua Himasta FMIPA UGM periode 2017. Innalillahi wainna ilaihi roji’un. Turut berduka cita. Semoga senantiasa diberikan kekuatan kelancaran dalam menjalani amanah ini.”

[well type=”” class=”1″]”Ketika engkau hanya mencari-cari kesalahan maka hanya secuil yang kau dapatkan. Namun ketika dengan niat memperbaiki, akan engkau dapati banyak hal yang perlu perbaikan.”[/well]

Himasta 2016 telah berakhir dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Mohon maaf apabila kami mewariskan banyak hal yang sekiranya memberatkan bagi Himasta 2017. Tak ada yang sempurna meskipun tetap berusaha untuk itu. Arah jangka panjang Himasta adalah untuk terus menjadikan lebih baik. Siapa yang menjadi lebih baik? Semua mahasiswa statistika. Karena ketika mahasiswa statistika meningkat menjadi lebih baik, Himasta pun akan lebih baik.

 

Himpunan Mahasiswa Statistika

Wadah Juang Bersama

 

Karena Mutiara bukanlah sekedar kata-kata, Mutiara adalah diri anda sendiri

 

[Muhammad Ilham Mubarok]

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.