untitled-2

2nd ISCO 2016 “Peran Statistika dalam Sensus Penduduk guna Menigkatkan Daya Saing Indonesia di Era MEA”

2nd ISCO 2016 singkatan dari Indonesia Statistics Conference and Olympiad 2016. Event ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh Ikatan pertstatsitikan Indonesia yang didukung oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia (IHMSI), dan Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indoensia (Forstat). ISCO dilaksanakan secara bergilir oleh universitas bergengsi yang mendalami ilmu statistika sebagai tuan rumah dalam acara ISCO. ISCO tahun ini, yang menjadi tuan rumah adalah Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia yang terletak di kota yang mendapat julukan kota Pelajar. Tujuan dari ISCO sendiri adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat pentingnya ilmu statistika serta sebagai ajang kompetisi pemahaman Mahasiswa dan Siswa SMA mengenai ilmu statistika. Terdiri dari 2 sub kegiatan yaitu kompetisi dan Seminar. Pada ISCO tahun ini, bukan seminar yang menjadi fokus utama namun lebih menekankan kearah talkshow interaktif, dengan tujuan agar ada komunikasi dua arah antara peserta dan narasumber.

Talkshow Interaktif diadakan 2 kali. Yang pertama, diadakan pada tanggal 18 September dengan narasumber Noe “Letto” dengan tema “Gali Potensi Diri, Siap Membangun Negeri”. Satu kalimat dari seorang Noe yang cukup memotivasi para peserta adalah “gagal adalah bukan suatu keberhasilan yang tertunda namun, suatu ketidakberhasilan yang terjadi. Jadi terimalah lalu bangkit.”. Talkshow kedua dengan nama Indonesia Economics Data Talkshow, diadakan di Auditorium MM UGM. Dihadiri oleh 3 narasumber yaitu bapak Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, M.Soc.Sc. (selaku Dosen Fakultas Ekonomika Bisnis Universitas Gadjah Mada), bapak Dr. Ir. Sasmito Hadi Wibowo, M.Sc. (selaku Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik RI), Aditya Liviandi (selaku Data Storyteller Traveloka). Dimoderatori oleh Latifah Nur Muslimah yang aktif dalam . Talkshow dengan tema “Potensi Ekonomi Indonesia dalam Angka Statistika” yang bertajuk “Indonesia Negeri Sejuta Jutawan” ini, membahas mengenai keberadaan Big Data. Bagaimana pemanfaatan Big Data dalam pemasaran di bidang ekonomi.

Sub kegiatan yang kedua adalah Kompetisi. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa dan siswa SMA/sederajatnya. Kompetisi yang memperebutkan hadiah uang tunai dengan total hampir 45 juta rupiah selain itu juga memperebutkan piala ISI. Piala ISI diserahkan kepada Universias yang menjadi juara umum di kompetisi ISCO. Ada lima kompetisi yang diadakan dalam ISCO yaitu National Statistics Games (NSG), National Paper Competition (NASPAC), Indonesia Statistics Olympiad (ISO), Indonesia Essay Competition (IEC), dan Indonesia Research Competition (IRC). NSG dan NASPAC diikuti oleh siswa SMA/sederajatnya sedangkan ISO, IEC dan IRC diikuti olen Mahasiswa di seluruh Indonesia.

Diakhir kompetisi siswa SMA/sederajatnya, Juara 1 kompetisi NSG berhasil dirembut oleh tim COCODA dari SMAN 1 Purwakarta disusul oleh tim ALFA dari SMAN 5 Bogor menduduki juara 2 dilanjut oleh tim YUSUF dari MAN 1 Surakarta yang berhasil berdiri di juara 3, tidak kalah dengan tim HG dari SMA SAMPOERNA di juara harapan 1 dan tim SMANEL DISAINS dari SMAN 1 AIKMEL yang menduduki juara harapan 2. Untuk kompetisi NASPAC, juara 1 berhasil direbut oleh SMA PLUS BINA BANGSA SEJAHTERA, dilanjut juara 2 oleh SMAN 1 Sidoarjo dan MA PPMI ASSALLAAM berhasil duduk di kursi juara 3.

img_6737

Sedangkan diakhir kompetisi Mahasiswa, juara 1 dalam IEC berhasil di duduki oleh Dewa Komang Ady Suryadinata dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, juara 2 di rebut oleh Muhammad Shalih dari Institut Pertanian Bogor dan untuk juara 3 berhasil dikuasai oleh Dendy Indramawan dari Universitas Islam Indonesia selaku tuan rumah ISCO tahun ini.

Kompetisi selanjutnya adala IRC. Dalam kompetisi ini juara 1 berhasil diduduki oleh tim Arista dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, juara 2 di rebut oleh tim Ratna Rizkiana dari Universitas Gadjah Mada selaku tuan rumah, juara 3 diduduki oleh tim Annisa Sorayya dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, juara 4 diduduki oleh tim Muhammad Hasan Rifai dari Institut Pertanian Bogor dan juara 5 berhasil dikuasai oleh tim Daniel K N S dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika.

Dilanjutkan dengan kompetisi ISO, kompetisi dengan jumlah pendaftar terbanyak dalam ISCO tahun ini yaitu sebanyak 230 pendaftar selain itu merupakan kompetisi paling bergengsi dalam dunia mahasiswa statistika dengan hadiah terbesar dalam acara 2nd ISCO 2016. Dan juara 1 berhasil direbut oleh saudara Farhan Trunna Mahadika, juara 2 diduduki oleh saudara Aziz Ardiansyah, juara 3 di singgahi oleh saudari Novitasari Linda Christanti, juara 4 diduduki oleh Rendi Krimayuda dari Institut Pertanian Bogor sedangkan juara 5 berhasil dikuasai oleh saudara Fariz Budi Arafat. Suatu kebanggaan bagi tuan rumah, Universitas Gadjah Mada yang berhasil menduduki juara 1,2,3, dan 5.

Atas perjuangan yang luar biasa yang di lalui oleh para peserta kompetisi mahasiswa hingga menghantarkan sang tuan rumah, Universitas Gadjah Mada menjadi juara umum dalam kompetisi 2nd ISCO 2016. Hingga berhak menerima piala ISI yang diserahkan oleh Sekretaris Umum Ikatan Perstatistikan Indonesia, Bapak Margo Yuwono.

Diatas merupakan ulasan singkat dari kegiatan 2nd ISCO 2016. Mengingat kalimat Noe “gagal adalah bukan suatu keberhasilan yang tertunda namun, suatu ketidakberhasilan yang terjadi. Jadi terimalah lalu bangkit.” Jika tahun ini kita gagal, masih ada tahun selanjutnya untuk kita bangkit dan menanti kita berada di atas podium juara umum.

Don't be selfish. Share it!
Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterPin on PinterestEmail this to someonePrint this page

Himasta FMIPA UGM

DIVISI MEDIA INFORMASI STATISTIKA HIMPUNAN MAHASISWA STATISTIKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>