Training Olah Data “Let’s Share Your Knowledge”

Published by Himasta FMIPA UGM on

Training Olah Data 2016 merupakan salah satu progam kerja Sub Biro EXOTIC Himasta dengan membuka kelas-kelas yang bertujuan untuk memasyarakatkan statistika atau memperkenalkan beberapa alat statistika beserta metode analisisnya, yang dikhususkan kepada masyarakat umum untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengolahan data atau statistik dalam kehidupan sehari-hari seperti skripsi, tesis maupun hal-hal lain yang berbau statistik, tak heran bahwa kebanyakan dari peserta TOD ini merupakan mahasiswa S1, S2, S3 dari berbagai perguruan tinggi seperti UGM, UII, UNY, UIN, UPN, STIKES dan lain-lain, serta ada juga beberapa dari masyarakat umum yang mungkin mau mempelajari statistika lebih dalam.
Kegiatan Training Olah Data ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 22-23 Oktober 2016 lalu. Hari pertama terdiri dari 2 rangkaian acara, yang meliputi Seminar Statistika dan Workshop Olah Data. Sedangkan hari kedua hanya terdiri dari 1 rangkaian acara, yaitu full Workshop. Dengan mengangkat tema utama Tell Your Best Stories With Data and Statistics, harapannya masyarakat mampu mempergunakan kembali apa saja yang telah didapatkan dalam event ini untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapkan dengan statistik, seperti halnya dapat memilih metode analisis apa yang akan digunakan dalam kasus yang sedang dihadapi(nya). Dan tema untuk seminar yaitu Exploratory Data and Regression Analysis. Tema exploratory data dipilih agar para peserta mampu menerapkan metode eksplorasi data dengan menggunakan teknik aritmatika sederhana dan teknik grafis dalam meringkas data pengamatan, sedangkan tema Regression analysis dipilih karena analisis regresi merupakan salah satu kasus analisis yang paling sering dijumpai dalam permasalahan statistik.
Pada hari pertama TOD, pukul 07.30 peserta sudah mulai berdatangan untuk melakukan registrasi. Acara diawali dengan seminar statistika yang berlangsung mulai pukul 08.30 – 12.00 wib , dilanjutkan dengan workshop statistika sampai pukul 16.00 wib. Pada sesi seminar, panitia TOD mengundang pembicara yang berpengalaman dibidangnya yaitu Bapak Drs.Zulaela, Dipl. Med. Stats.,M.Si dan Ibu Rika Fitriani S.Si.,M.Sc. Di sesi awal seminar diisi oleh bapak Zulaela dengan materi Regression analysis, yang kemudian dilanjutkan oleh ibu Rika dengan materi Exploratory Data. Selama kegiatan seminar berlangsung, antusias peserta terlihat sangat tinggi, hal ini tampak dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan sampai-sampai waktu tidak mencukupi untuk sesi tanya jawab. Kegiatan seminar TOD ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara dan dilanjutkan dengan kegiatan ISHOMA untuk para peserta. Setelah melaksanakan kegiatan ISHOMA, peserta menuju ke laboratorium komputasi untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu workshop yang terdiri dari pengenalan aplikasi SPSS dan MINITAB serta Statistika Parametrik vs Non Parametrik. Kegiatan workshop hari pertama ini berjalan dengan lancar. Semua peserta tampak mengikuti workshop ini dengan sangat tenang, karena setiap ada kesulitan atau kebingungan selalu ada trainer samping yang siap membantu dan juga trainer utamanya yang handal dalam menyampaikan materi. Tanpa terasa waktu telah menunjukkan pukul 16.00 wib yang menandakan berakhirnya kegiatan TOD pada hari pertama.
foto-tengah
Pada hari kedua TOD, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 wib dengan workshop pertama yaitu analisis variansi, setelah berakhirnya workshop pertama ini pada pukul 09.30 wib dilanjutkan dengan coffee break yang disediakan oleh panitia agar peserta tidak mengantuk karena workshop diadakan sampai jam 4 sore. Coffee break ini juga diselingi dengan penampilan dari STOKASTIK (Statistics on acoustic) Himasta angkatan 2016 untuk menghibur peserta TOD sambil menikmati snack dan secarik kopi/tehnya. Pada pukul 10.00 wib kegiatan dilanjutkan kembali dengan Workshop yaitu analisis regresi sampai pukul 11.45 wib, dan kemudian ISHOMA sampai pukul 12.30 wib. Setelah kegiatan ISHOMA selesai, seluruh peserta dikondisikan masuk ke dalam laboratorium komputasi untuk mengikuti 2 Workshop selanjutnya yaitu Workshop analisis data kategorik dari jam 12.30- 14.00 wib dan Workshop validitas dan reliabilitas dari jam 14.00- 16.00 wib. Pada workshop yang terakhir yaitu validitas dan reliabilitas, trainernya sengaja didatangkan dari kakak-kakak Statistika UGM angkatan 2013 karena merekalah yang lebih mengerti dan paham tentang materi tersebut. Setelah selesai Workshop dan juga waktu menunjukkan pukul 4 sore, semua peserta meninggalkan laboratorium komputasi dan mengambil sertifikat sebagai bentuk apresiasasi dari panitia karena telah mengikuti event TOD 2016, serta mengumpulkan kertas kritik dan saran peserta untuk event kali ini yang berguna untuk kesuksesan kegiatan TOD tahun-tahun berikutnya.
Semoga dengan diadakannya kegiatan training olah data ini dapat bermanfaat dalam membantu segala persoalan mengenai statistika bagi seluruh peserta training, dan juga memberikan pengalaman yang sangat berkesan bagi panitia dan kita semua akan indahnya berbagi ilmu yang kita miliki dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga dapat memotivasi kita untuk selalu senantiasa mempelajari ilmu statistika dan dapat menerapkan ilmu tersebut ke orang lain. Juga diharapkan melalui kegiatan ini, ilmu statistika dapat berkembang dan memasyarakat, sehingga nantinya akan menjadi kewajiban bagi setiap orang untuk mempelajarinya, yang menjadi ilmu dasar seperti halnya kebutuhan untuk membaca dan menulis (H.G. Wells)

Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.