Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika

Published by Himasta FMIPA UGM on

Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA) #10 merupakan salah satu program kerja dari HIMASTA UGM yang bertujuan untuk menyosialisasikan cemerlangnya program studi statistika kepada siswa SMA ke depannya dan mencari bibit-bibit statistisi berbakat di kalangan siswa SMA.

ANAVA #10 ini meneruskan ANAVA sebelumnya yang sama-sama memiliki 3 rangkaian acara. Tiga rangkaian acara, yaitu OLIMPIADE STATISTIKA MATEMATIKA 2016 (OSM 2016), SOSIALISASI STATISTIKA (SIGMA), dan TRY OUT SBMPTN 2016.

ANAVA 1 RESIZE

OLIMPIADE STATISTIKA MATEMATIKA 2016 (OSM 2016)

Pada Olimpiade Statistika Matematika 2016 (OSM 2016) ini mengambil tema “One Step Closer to be A Winner”. Pada kesempatan kali ini kami mencoba membuat beberapa inovasi, di antaranya sebagai berikut.

  1. Memperluas skala perlombaan yang sebelumnya hanya skala Jawa dan Sumatra menjadi skala Nasional.
  2. Mencoba sistem penyisihan online yang berbeda.
  3. Mencoba sistem semifinal yang baru.

OSM 2016 dibagi menjadi tiga tahap yaitu babak penyisihan, semifinal dan final, masing-masing babak memiliki sistematika yang berbeda.

  1. Babak penyisihan dilakukan serentak seluruh Indonesia pada tanggal 10 Januari 2016 secara online yang mengadaptasi dari beberapa sistem sejenis.
  2. Babak semifinal pada tanggal 17 Januari 2016 berlangsung secara outdoor di depan Ruang Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada Sekip Utara.
  3. Masih di hari yang sama, 17 Januari 2016, babak final dilangsungkan di mana para finalis diharuskan membuat presentasi berdasar permasalahan yang diberikan.

Olimpiade Statistika Matematika 2016 memperebutkan Piala Rektor Universitas Gadjah Mada serta uang pembinaan untuk juara pertama, Piala Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam beserta uang pembinaan untuk peringkat kedua, dan Piala Himpunan Mahasiswa Statistika beserta uang pembinaan untuk tempat ketiga, sedangkan untuk juara empat dan lima mendapatkan uang pembinaan.

Pada OSM 2016 ini berhasil tercapai jumlah pendaftar yang melebihi ekspektasi kami, yaitu sejumlah 171 pendaftar. Kemudian dari babak penyisihan terjaring 20 peserta untuk menuju babak semifinal kemudian 5 orang yang akan masuk babak final.

Juara 1 OSM kali ini diraih oleh Muhammad Umar dari SMA MTA Surakarta, Juara 2 diraih oleh Zenda Oka Brantiko dari SMAN 1 Trenggalek, dan Juara 3 diraih oleh Dinabestika Roidani Putra dari SMAN 1 Cilacap.

SOSIALISASI STATISTIKA (SIGMA)

Di hari yang sama pelaksanaan semifinal dan final OSM 2016, diadakanlah seminar Sosialisasi Statistika (SIGMA) yang merupakan inti dari rangkaian acara Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika yang mengangkat tema “Fly High with Statistics”. Tujuan dari acara ini untuk memberi gambaran mengenai seluk beluk ilmu statistika.

Seminar kali ini menghadirkan dua pembicara, pertama adalah Saudara Hamid Dimyati, S.Si. yang merupakan fresh graduate Statistika UGM 2010 dan yang kedua adalah Bapak Andy Rahman, S.E., beliau adalah Learning and Development Assistant Manager of PT AIA Financial.

Berbeda dari tahun lalu yang dibuka secara gratis, namun tidak menyurutkan antusiasme siswa SMA untuk datang menghadiri acara seminar ini. Tercatat lebih dari 150 siswa-siswi yang datang memadati ruang Auditorium FMIPA UGM Sekip Utara.

 

TRY OUT SBMPTN 2016

Try Out SBMPTN 2016 diadakan untuk memfasilitasi adik-adik SMA yang ingin mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2016, dengan mengambil tema Ready for Preparation, Grab Your Vision kami harap Try Out ini dapat menjadi sebuah jembatan adik-adik untuk mencapai universitas terbaik yang diinginkan. Agar menambah motivasi para peserta Try Out SBMPTN 2015 ini kami menyiapkan satu buah TABLET PC masing-masing  untuk peringkat pertama Try Out IPA dan IPS. Acara Try Out SBMPTN 2015 kali ini akan di selenggarakan pada tanggal 24 Januari 2016, dan bertempat di gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekip Selatan dan Gedung D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Elektro.

Try Out SBMPTN  kali ini memakai 2 gedung yaitu gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekip Selatan untuk Try Out IPA, dan Gedung D3 Teknik Mesin dan Teknik Elektro untuk Try Out IPS. Sebanyak kurang lebih 2200 peserta hadir dari berbagai kota, namun masih tetap didominasi peserta asal DIY dan JATENG.

Registrasi dimulai pukul 06.30 hingga pukul 07.30, dan Try Out berjalan sebanyak dua sesi, di mana sesi pertama untuk mengerjakan soal TPA dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00 dan sesi kedua mengerjakan soal Tes Kemampuan Sains/Sosial mulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 12.30. Disela-sela jam istirahat para peserta jajan di stand-stand yang sudah disiapkan oleh panitia di depan halaman gedung. Usai mengerjakan semua soal para peserta langsung mendapatkan makan siang dari panitia.

Hasil TO pun langsung dapat dilihat tidak lama setelah pengerjaan soal usai. Pada TO kali ini Alvin R. dari SMA Kesatuan Bangsa (IPA) dan Hizbullah W. Hanif dari SMAN 2 Yogyakarta (IPS) meraih predikat sebagai peserta yang meraih skor tertinggi dan berhak mendapat hadiah masing-masing satu buah tablet dari panitia.

Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.