PKM 5 BIDANG

fixxxx

 

PKM 5 Bidang adalah Agenda tahunan dari Dikti yang dibuka di bulan September yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi di indonesia untuk berkarya menuangkan ide mereka, menuangkan kreatifitas dan inovasi-inovasi mereka. PKM 5 Bidang terdiri dari PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (Teknologi), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-KC (Karsa Cipta). Akhir dari PKM 5 Bidang adalah dikompetisikan dalam skala nasional dalam ajang PIMNAS atau PekanĀ  Ilmiah Nasional.

 

Berikut secara singkat Tahapan PKM 5 bidang dibagi menjadi lima kegiatan, yaitu (a) Pengusulan, (b) Desk Evaluasi dan Penetapan Proposal yang Didanai, (c) Pelaksanaan dan Pelaporan, (d) Monitoring dan Evaluasi, dan (e) PIMNAS.

 

PKM-P Merupakan program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini, misalnya mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, pengembangan metode pembelajaran, inventarisasi atau eksplorasi sumber daya, modifikasi produk, atau merumuskan teknik pemasaran serta juga dapat berbentuk upaya pemecahan masalah humaniora.

PKM-K Merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar.

PKM-M Merupakan program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif.

PKM-T Merupakan program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain) atau manajemenĀ  atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil, menengah atau bahkan berskala besar, yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.

PKM-KC Merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

Menarik bukan untuk ikut PKM???

 

Contoh proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa dapat di download di sini.

Don't be selfish. Share it!
Share on FacebookShare on Google+Share on TumblrTweet about this on TwitterPin on PinterestEmail this to someonePrint this page

Himasta FMIPA UGM

DIVISI MEDIA INFORMASI STATISTIKA HIMPUNAN MAHASISWA STATISTIKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>