Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika #14

Published by Himasta FMIPA UGM on

Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA #14) merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) FMIPA UGM yang bertujuan untuk mengenalkan dan memasyarakatkan dunia statistika dengan sasaran yang secara khusus ditujukan kepada kalangan pelajar SMA/sederajat. Pelaksanaan ANAVA tahun 2020 ini telah memasuki pelaksanaan yang ke-14 sejak pelaksanaan pertama pada tahun 2007 silam. ANAVA #14 tahun ini mengusung tema besar “FANTASTIC (Fly Across Numerous Skies with Statistics)”.

“Harapannya, setelah kegiatan ANAVA #14 , akan banyak pelajar SMA/sederajat dan masyarakat yang mengenal Statistika lebih luas.” Ujar Jorkaef Chandra (Statistika 2018) selaku Ketua Panitia ANAVA#14.

Panitia ANAVA#14

ANAVA #14 diselenggarakan di FMIPA UGM dan terbagi menjadi tiga rangkaian acara yaitu Olimpiade Statistika Matematika (OSM) dengan sub tema “Be the Brightest Star in the Sky of Statistics “, Try Out SBMPTN 2019 dengan sub tema “Strenghten Your Wings, Lift the Anchor, and Fly to the Sky “, dan Sosialisasi Statistika (SIGMA) dengan sub tema “Let Statistics Become Your Rocket to the Bright Future “.

Olimpiade Statistika Matematika (OSM) terdiri dari tiga babak yakni babak penyisihan, semifinal dan final. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Babak penyisihan pada ANAVA#14 dilakukan secara regional-offline di 2 Kota yaitu, Yogyakarta dan Solo dan online pada tanggal 19 Januari 2020 dan telah meloloskan sebanyak 25 peserta ke babak semi-final. OSM pada ANAVA #14 ini merupakan Olimpiade bertingkat Nasional karena peserta datang dari berbagai wilayah dari Barat hingga Timur Indonesia. Babak semifinal sekaligus babak Final dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2020 dengan jumlah peserta lolos ke final sebanyak 5 peserta, dengan perolehan nilai tertinggi pada babak Final akan menentukan juara 1 hingga 5.

Kemudian, untuk kegiatan Sosialisasi statistika (SIGMA) dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2020 dengan menghadirkan narasumber Novela Spalo Vianza, (Data Scientist  Mamikost) dan Helmi Safitri (alumni statistika FMIPA UGM 2011, Data Analyst Gojek). SIGMA tahun ini diikuti sebanyak 150 peserta baik dari kalangan pelajar SMA/sederajat maupun umum. SIGMA merupakan kegiatan yang harapannya akan memberikan perluasan wawasan kepada peserta mengenai Statistika.

Suasana Final Olimpiade Statistika Matematika ANAVA#14

 

Pada tahun ini ANAVA #14 juga menghadirkan kembali inovasi dari kegiatan tahun lalu, yaitu Pekan Sigma. Kegiatan ini merupakan sosialisasi seputar statistika oleh panitia ANAVA#14 yang merupakan mahasiswa jurusan statistika UGM ke sekolah-sekolah di daerah DIY yang dilaksanakan pada 20 – 24 Januari 2020.

Pelaksanaan Pekan Sigma ke SMA yang berada di DIY dan sekitarnya

Untuk Try Out SBMPTN 2020 dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Februari 2020, tanggal 2 untuk soshum dan tanggal 3 untuk saintek. Pada Tahun ini kami menghadirkan metode yang menyerupai dengan UTBK, namun berbasis kertas. Selain tryout, dari Panitia juga menyediakan Stand Stand makanan yang bisa dikunjungi peserta dikala istirahat dan ada juga photobooth untuk mengabadikan momen saat mengikuti acara ini.

 

“Harapan untuk ANAVA#15 , semoga dapat menghadirkan inovasi-inovasi baru dan menyukseskan kegiatan ini dengan tujuan yang sebagaimana mestinya, dan semoga ANAVA menjadi kegiatan yang semakin baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.” Ujar Jorkaef Chandra.

Categories: BeritaEvents

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.