Sejarah Himasta

Published by on

HIMASTA UGM adalah organisasi mahasiswa yang beranggotakan seluruh elemen mahasiswa statistika Universitas Gadjah Mada.

 

Organisasi ini :

  • Didirikan pada hari Selasa, 31 Oktober 2000 yang dulu bernama Kelompok Studi Statistika UGM dalam Forum Mahasiswa Statistika yang merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam tingkat pengambilan keputusan organisasi.

  • Bersifat Badan Semi Otonom ditingkat jurusan Matematika bernafaskan Intelektualitas dan kreatifitas.
  • Berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan.

 

Cikal

PageLines- himasta-Copy2.jpgSebelum HIMASTA berdiri, mahasiswa statistika UGM telah memiliki wadah sendiri yaitu Kelompok Studi Statistika (KSS) yang berada dibawah garisorganisasi Keluarga Mahasiswa Matematika (KMM). Awal 1997 KMM mengadakan Compute Fair 3 di mana salah satu agendanya yang terbilang cukup sukses adalah SEMNASTAT (Seminar Nasional Statistika). selanjutnya pada April 1999 SEMNASTAT diadakan kembali oleh KSS di bawah kepemimpinan Wagino (Stats_96) dengan kepanitiaan mahasiswa jurusan Matematika (karena KSS masih dibawah KMM maka kepanitiaan tidak terbatas pada mahasiswa Statistika). Selama KSS di bawah KMM, kegiatan yang dilaksanakan pun menjadi sangat terbatas, antara lain karena semua kegiatan dikoordinir oleh KMM termasuk dana.

 

Born of HIMASTA..

Atas pemikiran para mahasiswa Statistika pada saat itu dan melihat kondisi KMM yang mulai tidak kondusif lagi, serta mulai eratnya hubungan dengan IHMSI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia) yang ditandai dengan terpilihnya Fitri Murdiyana (stats_97) sebagai Sekretaris Wilayah III, wadah baru dibentuk dan tidak lagi dibawah KMM. Akhir 1999 di ruang T.10 (sekarang warung POTMA) diadakan musyawarah untuk menentukan masa depan organisasi mahasiswa program studi Statistika, sekaligus sharing dengan kepengurusan KSS di bawah kepemimpinan Wagino. Dari musyawarah ini didapatkan hasil yang secara garis besar menyatakan KSS resmi keluar dari KMM dan berubah nama menjadi Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA).

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *